Mohon tunggu...
PMM UMM KEL26 GEL1
PMM UMM KEL26 GEL1 Mohon Tunggu... Mahasiswa - PMM UMM

PMM UMM BHAKTIKU NEGERI KELOMPOK 26 GELOMBANG 1 TAHUN 2022

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Membangkitkan Ekonomi Masyarakat Saat Pandemi Covid-19 dengan Sosialisasi Digital Marketing Pada Kelompok Tani Mekarsari Oleh Mahasiswa PMM UMM

27 Februari 2022   09:00 Diperbarui: 27 Februari 2022   09:03 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malang, Tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang bekerja sama dengan Perangkat Desa Bocek dan Badan Penyuluh Pertanian Karangploso mengadakan sosialisasi digital marketing guna untuk membangkitkan ekonomi masyarakat pada kelompok tani Mekarsari di bidang kopi, Jum'at (25/02/2022)

Bapak Harianto mengatakan bahwa potensi produk kopi di Desa Bocek khususnya di Dusun Manggisari sangat baik, hal ini didukung dengan oleh seorang peneliti kopi yang berasal dari Meksiko. "Kopi di wilayah Manggisari sangatlah berpotensial, beberapa bulan yang lalu seorang peneliti kopi juga pernah kemari dan mengatakan bahwa rasa kopi disini sangat enak perpaduan antara aroma chocolate, manisnya brown sugar, dan gurihnya coconut yang pas." Paparnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja tim PMM UMM kelompok 26 Gelombang 1 yang di bimbing oleh  Drs. Amir Syarifuddin, M.P. yang bertujuan untuk mengambangkan produk kopi milik Kelompok Tani Mekarsari yang bernama KETANSARI yang sebelumnya hanya dijual di wilayah dusun Manggisari agar dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan kualitas produk yang dijual dengan menggunakan digital marketing.

Pelaksanaan sosialisasi bertempat di kediaman Bapak Rosidi selaku anggota Kelompok Tani Mekarsari yang dihadiri oleh Bapak Harianto selaku Penyuluh wilayah Manggisari, Bapak Ardi Guno selaku Ketua Kelompok Tani Mekarsari, Para Penyuluh di BPP Karangploso, dan Anggota Aktif Kelompok Tani Mekarsari. Pada kegiatan ini kami tidak hanya melakukan sosialisasi tetapi kami juga membantu membuatkan logo produk, akun E-commerce pada Lazada; Tokopedia; dan Shopee, Akun sosial media yaitu Instagram. Selain itu kami juga membantu membuatkan video dan mempersiapkan produk kopi guna untuk persyaratan lomba yang sedang diikuti oleh kelompok tani ini yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Malang.

Saat kegiatan berlangsung,seluruh anggota kelompok tani Mekarsari sangat antusias terhadap materi yang disampaikan oleh anggota PMM UMM. Rasa antusias yang tinggi dan respon positif dari partisipan mmebuat rekan-rekan mahasiswa bersemangat dalam melakukan kegiatan sosialisasi digital marketing. Dengan ini Mahasiswa PMM UMM Kelompok 26Gelombang 1 mengharapkan bahwa apa yang telah kami sampaikan pada sosialisasi ini dapat bermanfaat dan bisa membantu mengembangkan perekonomian Kelompok Tani Mekarsari Desa Bocek.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun