Mohon tunggu...
Novianti Puspitasari
Novianti Puspitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa dan Guru - Mahasiswa PG PAUD UNS

Gemar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bersinergi: S3 PAUD UNJ Gelar Semnas Pendekatan Multiperspektif Perkembangan PAUD Era Society 5.0

21 Juni 2023   23:28 Diperbarui: 22 Juni 2023   13:49 459
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Sambutan Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus (Direktur Pascasarjana UNJ) sekaligus Pembukaan Seminar

Program Studi S3 PAUD UNJ dimotori oleh Mahasiswa Kandidat Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2022-2023 menyelenggarakan seminar nasional (semnas) dengan tajuk "Pendekatan Multiperspektif Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini Di Era Society 5.0".

Semnas yang dilaksanakan pada Selasa, 20 Juni 2023, pukul 07.30 WIB - Selesai ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan bulan Dies Natalis UNJ ke-59.  Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui via zoom cloud meeting dan diikuti oleh 230 orang peserta dari berbagai daerah yang terdiri atas mahasiswa, dosen, praktisi, dan pemerhati PAUD.

Adapun panitia yang turut berkontribusi dalam kegiatan ini ialah 15 mahasiswa S3 PAUD UNJ diantaranya Rohita (Ketua Panitia), Taufik (Wakil Ketua), Novita Eka Nurjanah dan Azlin Atika Putri (Sekretaris), Felisitas Ndeot dan Zahrati (Bendahara), dan PIC (I Made Lestiawati, Dian Tri Utami, Fitri Ramadhini, Yesi Novitasari, Mariana Panji Ramadan, Rahayu Dwi Utami, Retno Wulandari, Khairul Huda, Siti Fadillah, Ifina Tri Muliana, Nelti Riska, I Made Hartawan, Mayang Belia Sameto, Kadek Bayu Indrayasa,Raeh Niken Baghiroh, Ilga Maria, Shella Mandalora, Baldwine Honest, Widiarti).

 Seminar nasional ini dikemas dengan model panel dan model breakout room. Model panel terbagi menjadi 2 sesi, sesi pertama menghadirkan 4 pembicara dari Australia dan Indonesia diantaranya Dr. Nikolai Veresoy (Monash University, Australia) yang membawakan materi dengan tajuk "Cultural-Historical Research Methodology: Studying Child Development" , dan Ade Dwi Utami, Ph. D. (Universitas Negeri Jakarta) yang membawakan materi dengan tajuk "Implementasi Cultural-Historical Research Methodology Studying Children's Learning and Development", Prof. Dr. Ir. Netty Herawati, M.Si. (Universitas Riau) yang membawakan materi dengan tajuk "Implementasi PAUD HI di era society 5.0", dan Irwan Gunawan, M. Pd. (Tanoto Foundation).  Sesi kedua menghadirkan 3 pembicara dari Indonesia diantaranya Harris Iskandar, Ph. D. (Direktorat PAUD) yang membawakan materi dengan tajuk "Kebijakan PAUD HI di era Society 5.0", Prof. Dr. Yuliani Nurani, M. Pd.(Universitas Negeri Jakarta) yang membawakan materi dengan tajuk "Optimalisasi Potensi Anak Berbasis Neurosains: Penelitian Longitudinal Selama 19 tahun", dan Dr. Asep Supena, M. Psi. (Universitas Negeri Jakarta) yang membawakan materi dengan tajuk "Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini".

Sedangkan model breakout room terbagi menjadi 5 room dengan tema yang berbeda, diantaranya meliputi Parenting di Era Society 5.0, Peran Kesehatan dan Gizi bagi Kualitas Hidup Masa Depan Anak Kesehatan dan gizi, Intervensi Pendidikan Anak Usia Dini: Perspektif Agama, Sosial, dan Budaya, Membangun Pondasi Perkembangan Anak : Strategi dan Praktik Baik, PAUD HI : Kebijakan dan Implentasinya di Era Society 5.0.

Acara seminar nasional dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Direktur Pascasarjana (Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus.) sekaligus membuka acara seminar nasional. Dilanjutkan dengan doa. Kemudian memasuki acara panel sesi 1 dan sesi 2 yang meliputi penyampaian materi, diskusi dan tanya jawab, serta penyerahan sertifikat untuk pembicara. Diakhiri dengan pembagian breakout room  dan persentasi dengan 17 pemakalah di masing-masing room.

Dokumetasi Pemaparan Materi Oleh Prof. Dr. Ir. Netty Herawati, M.Si. (Universitas Riau) Tentang Implementasi PAUD HI
Dokumetasi Pemaparan Materi Oleh Prof. Dr. Ir. Netty Herawati, M.Si. (Universitas Riau) Tentang Implementasi PAUD HI

Pada kesempatan ini, Netty Herawati menyampaikan bahwa Implementasi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) harus meninjau ke dalam 5 aspek yang meliputi layanan pendidikan, kesehatan dan gizi, perlindungan, pengasuhan, dan kesejahteraan.

"PAUD Berkualitas terdiri dari 4 elemen layanan, yaitu kualitas proses pembelajaran, kemitraan dengan orang tua, dukungan pemenuhan layanan esensial anak usia dini dan kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya." sebutnya.

Berbicara tentang pendidikan inklusi anak usia dini, Asep Supena menjelaskan tujuan pendidikan inklusif yaitu untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua anak untuk belajar dan berkembang sesuai dengan potensi masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun