Nama : Novianti Anggraeni
Kelas: XII MIPA 5
Beberapa waktu sebelumnya, masyarakat memberikan pengaduan terkait pelayanan kesehatan yang ada di indonesia. Dari berbagai banyaknya pengaduan yang telah disampaikan, paling banyak pengaduan ini berhubungan dengan adanya pelayanan dokter untuk melayani pasien.
Tingkatkan kualitas pelayanan, ialah kata yang sering memberikan pelayanan langsung ke masyarakat. Termasuk rumah sakit sebagai instansi yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Masyarakat sebagai pengguna layanan tentunya mengharapkan mendapatkan kepuasaan terhadap pelayanan yang diberikan. Apalagi dalam kondisi sakit dan keluarga dalam keadaan mendapat kesusahan karena ada yang sakit sehingga masyarakat berharap mendapatkan kepuasaan terhadap pelayanan yang diberikan.
Peningkatan mutu pelayanan kesehatan tidak lepas dari peningkatan sarana dan prasarana, sistem atau aturan  serta sumber daya manusianya. Satu langkah besar dan tepat telah dilakukan pemerintah kabupaten belitung dengan membangun rumah sakit baru yang lebih representatif  dan arah pengembangan yang jelas. Sarana yang direncanakan dengan baik akan sangat membantu dalam meningkatkan mutu pelayanan. Pembangunan gedung rumah sakit perlu diikuti dengan kelengkapan prasarana yang akan menunjang lancarnya pelayanan kesehatan yang diberikan. Suatu langkah maju yang harus kita dukung supaya rumah sakit belitung ini tetap menjadi rujukan unit pelayanan kesehatan lainnya.
Pembangunan sarana dan prasarana harus diikuti dengan pembangunan sistem atau aturan dalam mengelola pelayanan kesehatan. Hampir semua instansi pelayanan kesehatan pemerintah sudah menjadi badan layanan umum karena dengan menjadi badan layanan umum akan membuat pengelolaan rumah sakit lebih leluasa untuk mengambil keputusan tetapi tetap bertanggung jawab kepada pemerintah. Â Pemerintah pusat pun sudah menginstruksikan supaya rumah sakit dan instansi pendidikan menjadi sebuah badan layanan umum.
 Sehubung dengan permasalahan tersebut, pemerintah sebaiknya juga turut semakin mengutamakan dalam bidang kesehatan itu. Salah satu cara yang dapat dikerjakan yakni dengan cara memperbarui dan juga meningkatkan mutu dari semua dokter yang terdapat di Indonesia. Hal itu adalah salah satu wujud supaya pelayanan yang semakin meningkat serta turut memberikan kepuasan untuk seluruh kalangan masyarakat.
Total pengaduan yang telah disampaikan tercatat ada sekitar 268 kasus, dan semuanya dilaporkan ke kementerian kesehatan.
Namun, masih banyak sekali laporan yang juga belum diterima. Inti dari pengaduan itu yakni masyarakat kurang puas pada sistem pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.
Sampai sekarang ini masyarakat akan terus berharap supaya dapat memperoleh pelayanan yang meningkat dari rumah sakit yang terdapat di Indonesia, hal itu supaya masyarakat akan semakin merasa nyaman.
Diharapkan khususnya kepada pemerintah agar lebih memperhatikan lagi mengenai kualitas sarana prasarana agar penangan menjadi lebih baik lagi juga dimasa pandemi sekarang sebaiknya lebih ditingkatkan lagi kualitas layanan kesehatannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H