Mohon tunggu...
Novianita Anggraini
Novianita Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

You can if you think you can

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Metode Talking Stick oleh Tim KKN Unisnu Berhasil Meningkatkan Minat Belajar Siswa MI Miftahul Huda Dongos

15 Februari 2023   21:53 Diperbarui: 15 Februari 2023   21:54 517
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masa anak-anak merupakan masa yang paling indah. Dunia anak dipenuhi dengan canda tawa dan bermain. Terlepas dari itu, anak-anak usia sekolah dasar diwajibkan untuk pergi ke sekolah dan belajar setiap harinya. Rutinitas yang padat serta pelajaran sekolah yang beragam membuat siswa-siswi kelas 5B MI Miftahul Huda Desa Dongos, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah bosan dan tidak bersemangat untuk belajar di kelas.

Sangat beruntung Desa Dongos kedatangan Mahasiswa KKN dari UNISNU Jepara. KKN tahun ini merupakan angkatan ke XIV. Salah satu program kolaborasi dan pengabdian masyarakat  KKN UNISNU Jepara yaitu bergabung dengan organisasi dan lembaga pendidikan di desa. MI Miftahul Huda Dongos tidak lepas dari salah satu tujuan program kolaborasi Mahasiswa KKN UNISNU di Desa Dongos. Nadya Maya Shinta, Aflach Dhafiq Al Achmad Juha, M. Fajar Aditya, dan Novianita Anggraini merupakan mahasiswa KKN UNISNU yang ditugaskan untuk berkolaborasi dengan MI Miftahul Huda Dongos.

Siswa-siswi MI Miftahul Huda Dongos sangat senang dan antusias akan kedatangan kakak-kakak mahasiswa KKN UNISNU Jepara. Pada hari Sabtu, 04/02/2023 mahasiswa KKN UNISNU masuk ke kelas 5B. MI Miftahul Huda Dongos menggunakan bahan ajar mata pelajaran terpisah bukan tematik. Bahan ajar berupa LKS(Lembar Kerja Siswa). Pembelajaran Bahasa Inggris, Ahlaq, dan Bahasa Arab diisi oleh Mahasiswa KKN UNISNU. Berdasarkan informasi dari kepala sekolah, kelas 5B kosong dikarenakan guru kelas tidak dapat hadir mengajar oleh karena itu, tanggung jawab mengisi kelas 5B diserahkan kepada mahasiswa KKN UNISNU.

Pada jam pelajaran Bahasa Inggris, mahasiswa KKN UNISNU mengajak anak-anak bermain permainan Talking Stick namun menggunakan spidol. Aturan mainnya yaitu spidol diestafetkan ke seluruh siswa sambil bernyanyi. Jika lagu yang dinyanyikan selesai, maka tempat dimana spidol terakhir berhenti akan diminta menjawab pertanyaan berupa soal Bahasa Inggris yang ada di buku siswa. Seluruh siswa kelas 5B senang dengan cara mengajar mahasiswa KKN UNISNU yang terkesan menggembirakan dan melibatkan psikomotorik siswa. Kegiatan belajar yang menggabungkan antara kinestetik dan psikomotorik siswa diharapkan dapat meningkatkan hormon kebahagiaan(Dopamine) siswa.

Pada jam pelajaran Ahlaq, mahasiswa KKN UNISNU menceritakan ahlaq-ahlaq baik yang dimiliki oleh Rasulullah dan menjelaskan kaitannya dengan ahlak baik dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pembelajaran diselingi dengan tanya jawab dan sesi cerita dengan siswa terkait ahlak yang harus dilaksanakan dan perilaku buruk yang harus ditinggalkan. Jam pelajaran yang terakhir yaitu Bahasa Arab. Mahasiswa KKN UNISNU mengisi pembelajaran dengan bermain tebak suara. Suara-suara hewan yang ada di buku diperagakan oleh mahasiswa KKN UNISNU. Setelah itu, siswa kelas 5B diminta untuk menebak Bahasa Arabnya hewan yang sudah diperagakan. Siswa kelas 5B MI Miftahul Huda sangat menikmati proses pembelajaran mahasiswa KKN UNISNU karena penuh dengan games yang asik, cocok untuk perkembangan anak-anak dan usia sekolah dasar.

Mahasiswa KKN UNISNU sangat berterimakasih kepada Kepala Sekolah MI Miftahul Huda Dongos karena diijinkan untuk masuk ke kelas dan berinteraksi dengan siswa secara langsung. Mahasiswa KKN UNISNU juga sangat bersyukur karena kedatangannya di MI Miftahul Huda Dongos dapat bermanfaat bagi siswa dan dapat meninggalkan kesan positif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun