Abstrak
Setiap orang berhak untuk meraih mimpinya dan mendapatkan pendidikan yang layak.meskipun dari latar belakang yang berbeda-beda seorang petani meneruskan harapan kepada anaknya agar secara finansial kedepannya sang anak tidak merasakan apa yang telah di alami oleh orang tuanya, namun menjadi petani dan juga berpendidikan juga termasuk suatu kebanggan tersendiri.ada yang secara finansial mereka berkecukupan tapi tidak peduli dengan dunia pendidikan mereka berkata buat apa sekolah tinggi-tinggi jika pekerjaannya sama dengan anak yang tidak sarjana,Mereka lupa bahwa menuntut ilmu itu wajib sudah dari zaman dulu tapi dalam praktinya dan seiring berjalannya waktu dunia pendidikan sudah luas ada juga yanag tidak peduli dengan pendidikan anaknya faktor ekonomi misalnya dll.
Dalam kurikulum pendidikan agama islam tidak hanya membahas keagamaan saja melainkan moral,ertika,karakter pada anak didik,seiring berjalannya waktu dan di pengaruhi kemajuan zaman teknologi penididikan semakin maju dari kurikulum ktsp,kurikulum 13 dan sekarang kurikulum merdeka,inovasi mengembangkan model pembelajaran semakin maju dan di sesuikan dengan kebutuhan anak kemampuan dan skill anak agar anak didik sejak kecil bisa mendalami kemampuan tersebut.Literasi adalah mengembangkan pengetahuan atau keteramplan individu dalam membaca dan menulis berbicara dan menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
PEMBAHASAN
Inovasi pengembangan kurikulum adalah mengembangkan strategi pembelajaran,konsep inovasi dari pengembangan kurikulum ini disesuikan dengan pengembangan zaman social dan teknologi.
Dalam konteks pengembangan kurikulum, inovasi mencakup beberapa aspek utama:
1.Penggunaan Teknologi InovasiÂ
Dalam pengembangan kurikulum mencakup penerapan teknologi informasidan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran. Ini melibatkan penggunaan perangkat digital, platform e-learning, sumber daya online, dan aplikasi khusus yang mendukung pembelajaran siswa.
2.Pengembangan Metode Pembelajaran InovatifÂ
Konsep inovasi ini juga mencakup pengembangan metode pembelajaran yang inovatif. Metode ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memotivasi mereka untuk belajar dengan lebih baik.Contoh metode pembelajaran inovatif mencakup pendekatan berbasis proyek, pembelajaran berkolaborasi, pembelajaran bermain, dan penggunaan simulasi.
3.Pengembangan Kurikulum yang RelevanÂ