Kedungwinong, Sukoharjo (28/7/2023) -- Era digital mendorong masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan teknologi di berbagai bidang. Kemajuan teknologi membuat segala sistem menjadi lebih efisien. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini dapat diketahui secara langsung dan cepat dalam bentuk digital atau elektronik. Salah satu sistem yang terdapak digitalisasi adalah sistem marketing.
     Marketing merupakan kegiatan mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen. Ada beberapa hal yang mencakup marketing yaitu periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen maupun mitra kerja lainnya. Digitalisasi mendorong upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk dilakukan melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung. Sangat disayangkan, tidak semua warga memahami manfaat dari adanya digital marketing. Banyak pelaku usaha di Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo yang belum mengerti penggunaan media digital dalam proses marketing dan potensi keberlanjutannya bagi usaha mereka. Di lain sisi, banyak pemuda - pemudi Desa Kedungwinong yang berpotensi membangun usaha sehingga Tim II KKN Undip merasa perlu untuk memperkenalkan sistem digital marketing ini kepada pemuda -- pemudi tersebut.
     Tim II KKN Universitas Diponegoro dibawah bimbingan Dr. Ana Silviana, S.H., M.Hum, Dr. Ir. Ainie Khuriati RS, DEA, dan Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D.,IPM selaku Dosen Pembimbing Lapangan memperkenalkan digital marketing pada pemuda-pemudi melalui pertemua di Balai Desa Kedungwinong yang juga dihadiri oleh Kepala Desa Kedungwinong.
     Pengenalan digital marketing dimulai dengan memperkenalkan marketing dan digitalisasi secara umum, tujuan digital marketing, urgensi digital marketing sekarang ini, dan berbagai media digital yang dapat digunakan untuk marketing. Setelah itu, Tim II KKN Undip mengajak para pemuda untuk bersama-sama membuat akun toko pada salah salah satu marketplace terbesar sehingga saat nantinya para pemuda mendirikan usaha, mereka sudah mengetahui tahapan dalam pembuatan media digital atau online untuk mendukung keberjalanan usahanya.
Penulis : Novia Kholida Rahma (Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik)
Dosen Pembimbing : Dr. Ana Silviana, S.H., M.Hum, Dr. Ir. Ainie Khuriati RS, DEA, dan Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D.,IPM
Lokasi : Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H