Mohon tunggu...
Noveliza Salsabila FItranty
Noveliza Salsabila FItranty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Gunadarma

Saya mahasiswa dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Saya suka mencoba hal baru dan menggali kreativitasan saya, seperti menulis jurnal dan membaca buku tapi banyak hal juga yang saya sukai tentang seni seperti merajut/crochet, melukis, menggambar dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Melintasi Benang, Bagaimana Hobi Crochet Menjadi Seni yang Bermanfaat untuk Kesehatan

14 Juli 2024   15:52 Diperbarui: 14 Juli 2024   16:08 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hasil Karya Pertama Saya dalam Membuat Crochet Small Bag/dokpri

Dari Pengalaman Pribadi hingga Menjadi Bermanfaat untuk Kesehatan, Crochet Menjadi Media untuk Berbagi Kasih dan Kreativitas

Jakarta -  Crochet merupakan teknik kerajinan tangan yang menggunakan alat bernama hook/hakpen untuk menggabungkan loop-loop benang, benang, atau bahan lainnya untuk membuat tekstil. Teknik ini berasal dari bahasa Prancis "crochet", yang berarti "hook" atau "gagang". Hook dapat dibuat dari berbabagai bahan seperti logam, kayu, bambu, tulang, atau bahkan plastik.

Dari pengalaman pribadi saya, pertama kali saya mencoba hal ini dengan otodidak dengan melihat tutorial di YouTube, dengan rasa penasaran saya yang tinggi saya tetap terus belajar crochet sampai saya bisa menyelesaikan sebuah projek. Pada awalnya, saya belum menguasai semua teknik crochet, saya pertama kali belajar membuat topi kucing dan saya belum bisa menyelesaikan dengan cepat dan gagal. Lalu saya terus belajar lagi membuat projek yaitu membuat Small Bag. 

Saya membuat Small Bag tersebut untuk hadiah ulang tahun teman saya. Saya membuatnya dengan sabar dan saat karya tersebut sudah selesai saya merasa puas dengan hasilnya dan itu berdampak baik untuk saya karena ada kepuasan tersendiri saat menyelsaikannya. Dengan rasa kasih sayang saya ke teman sebangku SMK, saya membuatnya dengan penuh keseriusan dan teliti dalam membuatnya. Dan teman saya sangat senang saat dia menerima kado tersebut dan itu membuat saya bahagia dan merasa ada kebanggaan tersendiri.

Dengan hasil saya yang memuaskan tersebut saya merasa ketagihan untuk membuat projek yang lain. Saya jadikan ini hobi saya karena itu berdampak baik untuk saya, dan sudah membuat banyak karya dari teknik kerajinan ini yaitu Crochet. Salah satu projek saya yaitu membuat Lanyard Id dengan teknik kerjinan ini (Crochet). 

Project Crochet Lanyard Id/dokpri
Project Crochet Lanyard Id/dokpri

Hobi crochet inilah yang dapat memberikan berbagai manafaat bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. 

Dalam kesehatan fisik dapat Memperkuat Tulang Rawan di sekitar persendian, terutama di bagian tungkai atas, sehingga membantu mencegah radang sendi dan tendinitis ; dapat Mengelola Stress, mengurangi stress dan menenangkan pikiran, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik ; dan Meningkatkan Fokus dan Kekuatan Tangan, yang membutuhkan gerakan ritmis yang dapat melatih kekuatan tangan dan meningkatkatkan fokus.

Jika dalam kesehatan mental dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri, yaitu saat melihat hasil karya sendiri, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan rasa bangga ; dapat  Membantu Mengatasi Depresi dan Kecemasan, dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan dengan merangsang produksi serotonin, yang membantu meningkatkan mood ;  dan Meningkatkan Kesehatan Mental Umum, dengan memberikan kesempatan untuk berkreasi dan mempersiapkan diri. Dengan demikian, hobi crochet tidak hanya memberikan kesenangan dan kreativitas, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun