Mohon tunggu...
Novelita Ayu Rahma Dani
Novelita Ayu Rahma Dani Mohon Tunggu... Mahasiswa - NOVELITA

MAN JADDA WAJADA

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Peran penting Guru SD pada Pendidikan

14 November 2021   14:10 Diperbarui: 14 November 2021   17:16 429
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan adalah suatu proses atau pembentukan di mana pembelajaran suatu anak didik untuk dapat mengerti, paham, dan dapat membuat manusia lebih kritis dalam berpikir dan bersosialisasi pada sesama. Adanya pendidikan, karakter manusia sebagai individu agar masyarakat mudah dibentuk dan diarahkan sesuai dengan tuntutan ideal bagi proses pembangunan.

Dalam berkarakter merupakan pembentukan manusia secara individualis yang akan dapat lebih memberikan sumbangan besar dalam suatu pembentukan berkarakter bangsa yang bermartabat dan berguna dan menjadi faktor pendukung bagi suatu proses akan percepatan pembangunan untuk suatu bangsa

Dalam pembangunan nasional pada suatu bidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan berbangsa dan akan meningkatkan kualitas Indonesia yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia dalam menguasai akan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang akan menuju masyarakat yang maju, adil, Makmur dan beradab yang akan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Guru mempunyai peran yang begitu mendalam bagi anak bangsa yang sangat membutuhkan peran penting bagi anak-anak untuk mendidik, mengajari, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai serta mengevaluasi peserta didik untuk menghasilkan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas dimasa depan.

Guru atau pendidik dapat diartikan sebagai orang yang berilmu atau berwawasan luas dan mempunyai ilmu di dalam didirinya dan dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada anak-anak didiknya.

Pendidikan sangat lah dibutuhkan dan berperan penting  pada zaman sekarang untuk membangun peradaban bagi manusia untuk menjadi manusia yang lebih baik. Peran seorang guru di dalam dunia pendidikan  yang sangat strategis. Guru merupakan menjadi ujung tombak bagi pelaksanaan pendidikan agar bisa mencetak SDM yang ber unggulan untuk bangsa dan negara tercinta.

Guru memiliki tanggung jawab dan beban yang sangat lah besar dan berat karena di amanahi dalam peran mendidik dan mengajar anak-anak bangsa, guru pun memiliki peran ganda dan tidak hanya punya tanggung jawab pada perkembangan intelegensi namun juga bertanggung jawab pada perkembangan moral peserta didik juga di bebankan pada seorang guru juga.

Tanggung jawab merupakan suatu hal peraturan yang sangat berat, namun tanggung jawab itu terkadang tidak sesuai dengan apresiasi yang sudah diberikan. Oleh karena itu tidak heran jika banyak guru yang belum professional dalam dunia Pendidikan dan pengajaran anak-anak didik.

Guru adalah suatu profesi yang sangat membanggakan dan sangat patut dibanggakan karena profesi yang sangat mulia. Dari seorang guru lah kita bisa menjadi anak yang bisa mendapatkan Pendidikan dan berpengetahuan yang luas, Jasanya pun tidak akan ada harganya karna mampu memberhasilkan anak anak bangsa yang cerdas dan pintar.

Meskipun profesi guru kelihatannya sangat lah mudah, namun tidak tahu kalau di dalam nya mengemban suatu beban yang begitu berat dan tidak semua orang bisa menjadi seorang guru yang sangat profesional dalam bidangnya. Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang di gambarkan di dalam profesi seorang guru dalam mencerdaskan dan mendidik anak-anak bangsa.

Berikut ini akan di jelaskan beberapa peran dan fungsi guru dalam proses pembelajaran :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun