Mohon tunggu...
Novelia Indra Putri Andini
Novelia Indra Putri Andini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa UNDIP Ajak Warga Bintoro Ciptakan Kondisi Rumah Sehat di Era New Normal

6 Februari 2022   13:23 Diperbarui: 6 Februari 2022   13:28 1019
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster Rumah Sehat Era New Normal/Dokumentasi pribadi

Demak (06/02/2022)  Penularan Virus COVID-19 di lingkungan rumah dan keluarga menjadi yang tercepat dan paling mengkhawatirkan. Klaster Corona keluarga bahkan menjadi perhatian khusus penanganan COVID-19 oleh Presiden Joko Widodo. Klaster keluarga adalah penyebaran virus corona yang berasal dari anggota keluarga atau orang yang tinggal serumah. Biasanya, penyebaran berawal dari seseorang yang sudah lebih dahulu tertular lalu menularkannya pada anggota keluarga lain.

Berdasarkan keterangan warga di Kelurahan Bintoro, klaster keluarga menjadi semakin massif karena orang tua di desa ini membiarkan anak-anak bermain bersama di lingkungan desa tanpa protokol kesehatan dan protokol ventilasi, durasi dan jarak (VDJ) yang kuat, serta mayoritas warga bekerja di luar rumah yang mengharuskan mereka kontak langsung dengan orang banyak namun setelah pulang, mereka tidak segera membersihkan diri sesuai protokol kesehatan. Kurangnya pemahaman warga desa mengenai kegiatan yang harus dilakukan sebelum melakukan kontak dengan keluarga dan kebiasaan baru yang harus diterapkan di era new normal membuat Mahasiswa UNDIP berinisiatif untuk melakukan edukasi dengan tema "Rumah Sehat Era New Normal".

Sosialisasi Rumah Sehat Era New Normal/dokumentasi pribadi
Sosialisasi Rumah Sehat Era New Normal/dokumentasi pribadi
Sosialisasi dan edukasi berhasil dilaksanakan pada Senin (01/02/2022) di Kediaman Pengurus PKK RW VIII Bintoro, serta dihadiri oleh perwakilan PKK. Berdasarkan keterangan Bu Pri, salah seorang pengurus PKK RW VIII Bintoro, sosialisasi ini sangat bermanfaat dan menggerakkan hati para ibu untuk menjaga lingkungan rumah tidak hanya dari segi kebersihan namun juga kesehatan, dan selanjutnya PKK RW VIII Bintoro berencana untuk menyebarkan secara luas materi dari sosialisasi "Rumah Sehat Era New Normal" ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun