Mohon tunggu...
NOVELA RIZKA
NOVELA RIZKA Mohon Tunggu... Guru - mahasiswa

saya merupakan seseorang yang termotivasi untuk melangkah maju di bidang apapun yang saya geluti, yang dapat memberikan ruang bagi saya untuk berkembang.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran Penerapan di Sekolah dalam Perspektif Sosiokultural

23 Desember 2023   14:16 Diperbarui: 23 Desember 2023   14:20 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Aksi nyata topik 6 perspektif sosiokultural

Pada Mata Kuliah Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan Indonesia, Saya Mempelajari bagaimana sangat berpengaruhnya Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, Dan Politik. Topik ini sangat penting bagi saya seorang calon guru, karena dapat menambah pengetahuan saya mengenai hal tersebut dan akan sangat bermanfaat bagi saya ketika nanti saya menjadi seorang guru.

Berikut ini hasik refleksi setelah saya mempelajari topic 6 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia:

1. Mulai dari diri: Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran ?

Saya menyadari bahwa dalam proses pembelajaran tidak terlepas dan selalu dipengaruhi oleh adanya isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Hal ini diperkuat dengan adanya salah satu video dalam alur mulai dari diri yang menceritakan sebuah daerah dimana anak-anak didaerah tersebut masih kesulitan untuk mengenyam pendidikan dikarenakan aspek ekonomi yang kurang, serta sarana dan prasarana yang belum memadai menjadi faktor banyaknya anak yang tidak bersekolah. Hal tersebut memperkuat pemikiran saya bahwa isu-isu penyelenggaraan pendidikan dapat mempengaruhi proses pendidikan dan pembelajaran.

2. Eksplorasi konsep : Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini ?

Pada topik ini menjelaskan mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik. Sehinggal hal ini menyadarkan saya bahwa untuk menjadi seorang pendiidk harus siap dan mampu bila ditugaskan mengajar dan mengabdi dengan memahami isu -- isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politi. Hal ini karena isu-isu penyenggaran pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia yaitu merupakan isu-isu yang sangat penting untuk diperhatikan.

Dengan begitu seorang guru haruslah dapat menjadi agent of change dalam penyelenggaraan pendidkan dan mendorong perbaikan dalam lingkungan pendidikan itu sendiri. Sehingga guru dapat menciptakan kondisi lingkungan belajar yang aman, nyaman dan berpihak kepada peserta didik sebagaimana yang dianjurkan dalam kurikulum merdeka agar peserta didik dapat berkembang secara optimal, serta dengan adanya tantangan -- tantangan di dalam dunia pendidikan tersebut seorang guru harus dapat lebih baik dalam mengatasinya pada proses pembelajaran agar pembelajaran yang dilaksanakanpun menjadi lebih bermakna untuk peserta didik.

3. Ruang Kolaborasi : Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan -- rekan anda dalam ruang kolaborasi ?

Dalam ruang kolaborasi yang telah saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan yaitu mengenai pandangan masing-masing mengenai penerapan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik, serta materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD. Selain itu, kami berdiskusi mengenai kesiapan mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi, dan politik.

4. Demonstrasi Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang saya pelajari yaitu dengan berdiskusi kelompok memberikan manfaat dan dampak yang positif, seperti mendapatkan pengetahuan dari berbagai sudut pandang mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi, dan politik di Indonesia. Hal ini membuka pemikiran yang lebih luas terkait bagaimana isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi, dan politik dapat mempengaruhi proses pembelajaran.

5. Elaborasi Pemahaman:

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini, saya telah memahami bahwa isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik di Indonesia adalah hal yang kompleks dan saling terkait. Faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Misalnya, faktor sosial, seperti keragaman budaya dan latar belakang ekonomi keluarga, dapat berpengaruh terhadap akses dan kualitas pendidikan. Faktor budaya, seperti nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di masyarakat, juga dapat berpengaruh terhadap pendidikan. Faktor ekonomi, seperti tingkat pendapatan masyarakat, juga dapat berpengaruh terhadap pendidikan. Faktor politik, seperti kebijakan pemerintah di bidang pendidikan, juga dapat berpengaruh terhadap pendidikan. Penanganan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah membutuhkan upaya dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Sebelum pembelajaran dimulai, saya memahami bahwa penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Namun, saya tidak memahami secara mendalam bagaimana pengaruh masing-masing faktor tersebut terhadap penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di Indonesia. Namun setelah saya mempelajari topic ini, hal baru yang saya pelajari membuat saya lebih mengerti tentang pentingnya memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kegiatan pembelajaran dan hal ini sangat penting untuk dipelajari agar dapat menjadi bekal saya nanti ketika telah menjadi seorang guru.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Saya ingin mempelajari lebih lanjut entang solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di Indonesia serta Bagaimana cara untuk dapat menciptakan akses pendidikan yang adil dan setara bagi semua anak, terlepas dari latar belakang ekonomi mereka. Saya berharap dengan mempelajari hal-hal tersebut, saya dapat memahami secara lebih mendalam tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di Indonesia, dan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun