Mohon tunggu...
Novel Gultom
Novel Gultom Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

baik, perhatian sama orang, dan tidak suka di bohongi... hobi banget sama jalan-jalan dan nonton bioskop... “Ilmu Komunikasi – Universitas Dr. Soetomo Surabaya“.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Perkembangan Media Komunikasi dan Informasi pada Akses Komunikasi

28 Juni 2012   15:31 Diperbarui: 25 Juni 2015   03:27 4076
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengelolah data , termasuk , memproses , mendapatkan , menyusun , menyimpan , memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informas yang berkualitas. Yaitu informasi yang relevan . akurat , dan tepat waktu atau yang digunakan untuk keperluan pribadi , bisnis , dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek , yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi informasi meliputi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses atau penggunaan sebagai alat bantu , manipulasi , dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan menggunakan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu kelainnya.

Perkembangan Teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Sebagai contoh dapat dikemukakan pendapat pakar teknologi dunia terhadap pengembangan teknologi.

Perkembangan Teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Sebagai contoh dapat dikemukakan pendapat pakar teknologi dunia terhadap pengembangan teknologi.

Menurut B.J Habiebie ( 1983:14 ) ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi ,terutama teknologi industri , yaitu :

1.      Pesawat terbang,

2.      Maritime dan perkapalan,

3.      Alat transportasi

4.      Elektronika dan komunikasi,

5.      Energi,

6.      Rekayasa,

7.      Alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan

8.      Pertahanan dan keamanan.

Kemajuan teknologi menjadi jawaban dari kemajuan globalisasi yang kian menyelimuti dunia. Suatu kemajuan yang tentunya akan memberi dampak bagi peradaban hidup pelajar. Tidak dapat dipungkiri , kini kita telah menjadi “budak” dari peradaban teknologi informasi itu sendiri. Bagaimana tidak , banyaknyapelajar yang mereka jalani tidak pernah lepas dari peranan teknologi informasi.

Akan tetapi ,janganlah kita mencemaskan perkembangan teknologi dan komunikasi ini. Pandai-pandailah kita memanfaatkan media ini dan memilih yang bernilai positif. Ambillah hal yang perlu dan jadikan hal yang bernilai negatif sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan. Bersikap positiflah menghadapi perkembangan teknologi informasi ini. Perkembangan ini akan member pengetahuan yang banyak dan berguna bagi orang-orang yang dapat memanfaatkannya secara positif. Jadi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bukanlah sesuatu yang perlu dicemaskan tetapi sesuatu yang harus digali manfaatnya.

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Akan tetapi semua itu tidak terlepas dari sisi negatifnya seperti yang telah dijelaskan diatas.

Sungguh sangat disayangkan, seiring dengan berkembangnya era globalisasi di negara kita (Indonesia) masalah teknologi informasi dan teknologi masih belum merata atau masih ada kesenjangan. Untuk itu, semua pihak harus mulai memikirkan program untuk meningkatkan dan memeratakan akses terhadap teknologi informasi di dunia pendidikan. Contohnya: Pemerintah membagikan komputer layak pakai ke sekolah-sekolah yang tertinggal (jauh dari akses informasi, mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan melek (literacy) dan pemahaman terhadap potensi TI, mengadakan lomba website sekolah dan lain-lain.

Sumber: Fairus N. H. 2007. Terampil menggunakan TIK untuk SMP kelas VII. Bekasi: Ganeca-exact.
Jogiyanto, H. 1999. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: penerbit Andi

www.sekolah2000.or.id
http://en.wikipedia.org

Menurut pandangan saya Seiring perkembangan teknologi yang telah melanda dunia salah satunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ,

perkembangan tersebut sudah menjadi suatu kebutuhan karena sangat bermanfaat untuk mempersingkat waktu dan memperpendek jarak.Contoh: kalau dahulu sebelum ada perkembangan teknologi dan informasi kita harus menempuh jarak dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyampaikan suatu pesan kepada seseorang yang kita tuju. Tapi dengan akses teknologi informasi dan komunikasi yang sudah canggih kita tidak perlu menempuh jarak yang sangat jauh dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyampaikan pesan tersebut. Kita cukup menggunakan sarana telepon rumah atau handphone untuk menyampaikan pesan kepada seseorang dengan relative waktu yang sangat singkat boleh dibilang dalam hitungan detik pesan yang kita maksud telah sampai kepada tujuannya.

foto: “Dok.Pri”.

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pada prinsipnya diciptakan untuk hal-hal yang positif , bisa membantu manusia itu sendiri dalam melaksanakn kegiatan sehari-hari , atau yang baik bagi kemaslahatan umat manusia di dunia ini. Namun kenyataannya kemajuan tersebut sering di salah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau orang yang sengaja ingin menyalahgunakan manfaat kemajuan teknologi informasi tersebut. Sarana komunikasi tersebut sering di salah gunakan untuk sarana penipuan , kriminal, pembohongan public maupun kebohongan-kebohongan yang lainnya.

Seandainya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sesuai peruntukannya maka dunia ini tidak lagi dibatasi jarak dan waktu. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi kita sudah bisa mengetahui dan melihat apa yang sedang terjadi maupun yang baru terjadi ditempat yang jauh disana dengan kemajuan teknologi tersebut kitapun sudah bisa berbicara , berkomunikasi , bertatap muka dengan lawan bicara kita , dengan mitra kerja kita , dengan kerabat yang jauh di seberang sana. Walau pertemuan hanya sebatas lewat sarana komunikasi canggih tersebut tapi pesan-pesan , maksud dan tujuan kita bahkan mungkin kerinduan kita sudah tersampaikan dalam waktu yang relatif singkat. Pun informasi kemajuan yang ada di wilayah yang jauh dari tempat kita serta kemajuan yang ada di seberang sana sudah bisa kita ketahui lewat sarana teknologi informasi dan komunikasi tersebut.

Yang menjadi permasalahan adalah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sedang kita nikmati saat ini masih memiliki ketergantungan terhadap Negara, pencipta teknologi informasi dan komunikasi tersebut . Seandainya sarana dan prasarana penunjang seperti satelit yang menggerakkan sinyal terganggu atau rusak maka kita tidak dapat berbuat apa-apa karena kita belum memiliki satelit sendiri. Jadi seandainya gangguan tersebut benar-benar terjadi maka kita akan sangat bingung dan bahkan mungkin seperti orang yang tidak bisa berbuat apa-apa karena kita sudah terbiasa dimanjakan oleh kemajuan teknologi tersebut. Kita bisa seperti orang yang kehilangan kendali karena sifat ketergantungan tadi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun