Mohon tunggu...
Novel DaniWijaya
Novel DaniWijaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Novel Dw

Media Pemersatu Bangsa yaa Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Mengajar TPQ dan Memberi Pembinaan tentang Berdakwah

22 Februari 2021   13:41 Diperbarui: 22 Februari 2021   13:56 488
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh : Novel Dani WijayaMahasiswa KKN MIT DR-11 UIN Walisongo Semarang membina anak-anak saat belajar mengaji di TPQ Miftahul Huda Wates Semarang, Selasa (19/01/2021).

Masa pandemi covid-19 ini tidak menjadi penghalang untuk anak-anak TPQ Miftahul Huda  belajar mengaji, mereka tetap bersemangat berangkat untuk menuntut ilmu agama dan belajar Al-Quran. Kegiatan TPQ ini berlangsung setiap hari senin sampai hari jumat . Dan dimulai pada sore hari pada pukul 04.00-05.00.

Kegiatan belajar mengaji ini dimulai dengan membaca doa bersama-sama, sholawat, lalu membaca surat-surat pendek kemudian mengaji. Setiap hari selasa dan jumat  mahasiswa KKN mengisi kegiatan di TPQ yaitu dengan memberi quiz untuk anak-anak yaitu dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan nabi-nabi untuk kelas Iqro, dan pertanyaan-pertanyaan mengenai tajwid untuk yang kelas Al-Quran serta memberika pembinaan dalam menyebarkan dakwah islam. Mereka sangat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan mahasiswa KKN.

Setelah kegiatan berlangsung mahasiswa KKN memberikan sedikit pengarahan kepada anak-anak TPQ Miftahul Huda  bahwa betapa pentingnya menjaga kebersihan, dimasa pandemi ini harus selalu menjaga kebersihan seperti tidak membuang sampah sembarangan, menanam tumbuhan, kelola limbah rumah tangga.

"Kak apa manfaat dari menjaga kebersihan," tanya salah satu anak.

Adapun manfaat dari menjaga kebersihan yaitu lingkungan menjadi terjaga, sehat, asri, lingkungan sehat nyaman untuk ditinggali, menjaga agar tidak terkena banjir dan masih banyak lagi. Jawab Novel  mahasiswa KKN

Di era pandemi seperti ini mahasiswa KKN UIN Walisongo juga memberikan edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar, menyampaikan apa yang mereka ketahui tentang agama kepada teman-temannya dengan cara yang benar.  Lalu anak-anak mempraktekannya satu-persatu, mereka sangat antusias mengikutinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun