Mohon tunggu...
Novaninda Ayu Cipta
Novaninda Ayu Cipta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

i like reading

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKNT MBKM UPNVJT Melakukan Branding pada UMKM Unggulan di Sambiarum

5 Juli 2022   00:53 Diperbarui: 5 Juli 2022   01:10 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desain Kemasan Produk menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dalam promosi suatu produk. Desin kemasan produk harus dibuat semenarik mungkin agar menarik para konsumen. Desain kemasan produk bisa menjadi identitas sendiri bagi sebuah produk agar bisa bersaing dengan produk lainnya. Selain itu, bukan hanya desain kemasan produk yang dibuat semenarik mungkin, tetapi foto produk juga harus dibuat sebagus mungkin saat diunggah di media sosial supaya bisa menarik konsumen baru dan meningkatkan penjualan produk.

Melalui program Kuliah Kerja Nyata, kelompok 83 KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur melakukan branding pada UMKM Unggulan Sambiarum yaitu pembuatan desain kemasan produk dan foto produk pada UMKM Unggulan di Sambiarum . Tujuan dari pembuatan desain kemasan produk dan foto produk ini adalah untuk meningkatkan penjualan dari UMKM itu sendiri.

Sebelum memulai program kerja branding ini, kami mewawancarai Ibu Sofi selaku penanggung jawab UMKM Olahan Belimbing Wuluh rt 05 Sambiarum. Ibu Sofi pun mendukung penuh atas program kerja yang kami lakukan yaitu pembuatan desain kemasan produk dan foto produk. 

UMKM yang menjadi mitra kami yaitu UMKM Unggulan dari RT 05 Sambiarum yang mengolah belimbing wuluh menjadi beberapa produk yaitu seperti sirup belimbing wuluh, nastar selai belimbing wuluh, , ice cream, dan mochi isi selai belimbing wuluh. Desain kemasan UMKM ini dinilai kurang menarik jadi kami bermaksud melakukan desain ulang kemasan produk agar bisa meningkatkan penjualan produk.

Kemasan produk yang kami desain yaitu terdiri dari produk sirup belimbing wuluh, nastar selai belimbing wuluh, dan mochi isi selai belimbing wuluh.  

Produk olahan belimbing wuluh ini telah menjadi ciri khas rt 05 dan sekaligus UMKM Unggulan Sambiarum. Setelah desain kemasan produk jadi, kami juga mencetak dan melakukan foto produk.  Pembuatan desain kemasan dibuat menonjolkan identitas dan ciri khas dari produk tersebut. Foto produk juga dibuat sedemikian rupa menarik  dengan lighting dan properti pelengkap yang mendukung proses foto produk. 

Kelompok 83 berharap dengan adanya program kerja branding UMKM ini akan membantu UMKM Unggulan Sambiarum dalam meningkatkan penjualan  produk olahan belimbing wuluh ini. Dan dengan adanya branding ini produk UMKM  Unggulan Sambiarum lebih dikenal lagi dan dapat menjangkau target pasar lebih luas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun