Banyak perusahaan yang memiliki kegiatan pemasaran yang ekstensif sistem informasi pemasaran merupakan salah satu di antara sistem informasi yang paling kurang dikembangkan. Salah satu alasannya, adalah bahwa sistem informasi pemasaran, yang seharusnya diperbaiki dan dikembangkan bahkan sering tidak mendapat prioritas karena alasan penghematan biaya. Karena kemanfaatan dan keuntungan dari sistem ini sebagian besar tidak dapat diukur dan tidak dapat diamati dengan mudah. Padahal sebenarnya keuntungan tersebut boleh jadi sangat jelas dan dapat memberikan informasi yang lebih baik untuk pengambilan-pengambilan keputusan pemasaran (seperti buat penetapan harga produk), juga pelayang yang lebih baik pada pelanggan.
Di sebagian perusahaan, yang memiliki sistem informasi pemasaran yang lemah, pemasaran merupakan kegiatan yang paling penting, apalagi pada perusahaan dagang. Perusahaan pada bidang jual beli online misalnya, harus mempunyai sistem pemasaran yang baik agar bisa meningkatkan pendapatan bagi perusahaan tersebut. Tidak saja informasi yang diterima manajer pemasaran (dari bagian lain) itu saja yang penting tetapi juga bahwa informasi yang diperoleh oleh bagian pemasaran adalah vital bagi bidang lain dari organisasi tersebut. Sebagai contoh, bagian pemasaran jadwal produksi, proyeksi-proyeksi arus uang, dan rencana keuntungan (profit plan). Karena itu, pengaruh dari sistem informasi yang tidak efektif akan dirasakan oleh seluruh bagian organisasi.
Di sini saya ingin berbagi beberapa strategi pemasaran yang efisien bagi perusahaan;
1. Â Â Â Harus atau wajib mengenal klien anda terlebih dahulu
2. Â Â Â Promosikan produk anda dengan iklan yang menarik
3. Â Â Â Memilih lokasi atau tempat yang strategis untuk memulai bisnis
4. Â Â Â Gunakan website pemasaran yang terbukti efeltif untuk pemasaran
5. Â Â Â Menjalin hubungan kerja yang kuat bersama karyawan
Â
Bahkan yang perlu difahami, bahwa peran bagian pemasaran adalah sebagai bagian perusahaan yang menghasilkan pendapatan. Tentunya, ssistem informasi pemasaran yang dikembangakan dengan baik akan dapat memberikan keuntungan yang kompetitif, disamping memberikan pelayanan yang lebih baik pada pelanggan, selain juga memberikan informasi keuangan lebih baik guna usaha penembusan pasar. Meski suatu sistem informasi pemasaran yang telah dikembangkan mungkin memberikan informasi yang tidak memadai, walau begitu informasi yang dihasilkannya tentu akan lebih baik daripada tak ada sama sekali.
Dengan memanfaatkan internet sebagai sarana untuk mempermudah jalannya pemasaran, maka perusahaan perlu menggunakan internet seperti jejaring sosial untuk menjual produk-produknya, mengirim iklan di pos-pos media online. dan lain sebagainya. Saya hanya berbagi ilmu. Just share