Mohon tunggu...
Nova Istiqomah Maharani
Nova Istiqomah Maharani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Genuk Indah sebagai Rumah Kedua Mahasiswa Unissula

19 Mei 2021   23:13 Diperbarui: 21 Mei 2021   19:53 1295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

      Setiap mahasiswa Unissula pasti familiar dengan Perumahan Genuk Indah, wilayah ini menjadi wilayah yang paling banyak ditinggali oleh mahasiswa Unissula. Banyak warga di perumahan ini membuka hunian kos-kosan untuk pendatang baru dari luar kota. Fasilitas publik di wilayah ini cukup memadai meskipun wilayah ini berada di pinggiran kota Semarang. Beberapa alasan patut dipertimbangkan bagi mahasiswa Unissula yang mencari hunian sementara.

       Genuk Indah merupakan nama sebuah pemukiman penduduk di Kota Semarang tepatnya di kecamatan Genuk kota Semarang. Bisa dikatakan Genuk Indah berada di pinggiran kota Semarang karena dekat dengan perbatasan Kota Demak dengan Kota Semarang, bahkan banyak masyarakat awam yang mengira Genuk Indah merupakan wilayah yang masih ikut dengan Kota Demak.

       Tidak jauh dari Genuk Indah, tepatnya sekitar 400 meter di Jalan Raya Kaligawe terdapat kampus swasta ternama di Jawa Tengah yaitu Universitas Islam Sultan Agung. Melihat situasi ini, masyarakat Genuk Indah memanfaatkan peluang ini untuk membuka peluang usaha kos-kosan hingga kontrakan. Masyarakat setempat melihat bahwa Unissula banyak diminati oleh calon mahasiswa dari luar kota bahkan hingga luar pulau. Maka dari itu bisnis kos-kosan di sekitar kampus Unissula sangat menjadikan.

      Di tahun 2019 saya memutuskan untuk mengambil mata kuliah ilmu komunikasi di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Lewat rekomendasi teman yang juga kebetulan berkuliah di kampus Unissula, saya disarankan untuk menyewa kamar kos di perumahan Genuk Indah karena jadwal masuk ospek yang mendadak, tanpa pikir panjang saya langsung berangkat dari Pati menuju Semarang untuk mencari kamar kos yang sesuai di Genuk indah.

      Di gambaran saya Genuk Indah adalah wilayah yang tandus dan tidak terdapat air bersih karena lokasinya yang dekat dengan laut. Fyi sebelah belakang persis kampus Unissula adalah Pelabuhan Tanjung Emas. Jujur ini baru pertama kali saya masuk ke wilayah Genuk Indah saat mencari kamar kos untuk saya tinggali meskipun sebelumnya saya sudah sering bolak-balik Semarang-Pati tetapi saya tidak tahu terdapat Perumahan Genuk indah di dekat lokasi Terminal Terboyo.

      Masuk gapura bertulisan Perumahan Genuk Indah, Saya tidak melihat adanya rumah pemukiman karena jalanan beton dihimpit oleh pabrik. Harus masuk lebih jauh dari Jalan Pantura agar menemui pemukiman penduduk. Wilayah Genuk Indah tidak terlalu luas tetapi di dalamnya telah terdapat beberapa minimarket, pasar kecil, tempat percetakan dan fotocopy, ATM center serta banyak warung makan. Di perumahan ini terdapat beberapa warganya yang berprofesi sebagai dokter dan membuka praktik. Untuk wilayah seukuran Genuk Indah Saya pikir sudah cukup nyaman untuk ditinggali, ditambah banyak pilihan rumah kost yang beragam bentuk dan harga. Harga kamar kos yang ditawarkan di tempat ini cukup beragam mulai dari Rp500.000 hingga jutaan dengan fasilitas yang sepadan.

      Rumah kost di Genuk Indah lah yang paling dekat dengan lokasi Unissula, sehingga apabila mahasiswanya memilih rumah kost ini tidak akan membuang waktu dan biaya untuk menuju Unissula hanya sekitar 10 menit di Genuk indah juga wilayah yang paling strategis untuk tempat tinggal mahasiswa Unissula karena dekat dengan Tlogosari dan merupakan wilayah dengan air yang cukup bersih di antara lokasi kost sekitar Unissula. Hanya butuh waktu 5 menit untuk sampai ke Tlogosari menggunakan motor dari Genuk indah, di sana terdapat banyak sekali warung makan dan jajanan yang beragam sehingga apabila saya bosan dengan makanan di Genuk indah saya dapat sesekali kulineran di Tlogosari. 

       Saat terdapat jeda jam mata kuliah, saya sering kali pulang ke rumah kost, tidak masalah untuk saya apabila arus bolak-balik dari kampus ke kost begitu sebaliknya karena jaraknya yang dekat sehingga saya tidak memikirkan ongkos transportasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun