Salam dan Bahagia, Ibu dan Bapak Guru Hebat..
Kali ini, saya akan membagikan infografis mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi yang mengakomodir kebutuhan belajar murid demi capaian pembelajaran yang maksimal, serta keterkaitan yang dibuat yang mewakili konten dimodul sebelumnya. Dimodul sebelumnya, telah dibahas lebih awal tentang pemikiran filosofis Kihajar Dewantara yang mengutamakan pembelajaran yang berpihak pada murid, kemudian setelahnya dikupas lebih dalam mengenai visi dan misi guru penggerak dan apa yang harus kami imbaskan dalam komunitas praktik. Dimodul seterusnya, kami menelaah tentang konsep prakarsa perubahan dalam BAGJA dan telah kami eksekusi dalam kegiatan aksi nyata kami disekolah. Saya memilih menerapkan BAGJA dalam pembelajaran Prosedural Text dikelas 3, yang mengharuskan mereka membuat produk kreatif yang diolah dari sampah rumahtangga atau sampah sekolah kami. Dimodul berikutnya , kami diberi pencerahan tentang budaya positif, 5 posisi kontrol dan penyelesaian masalah dengan Segitiga Restitusi yang diakhiri dengan Diseminasi sebagai aksi nyata kami kepada rekan sejawat disekolah. Lebih lanjut mengenai pembelajaran Berdiferensiasi, silakan diklik penjelasan dalam gambarnya.Â
Demikian infografis yang saya buat berdasarkan Pembelajaran Berdiferensiasi. Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H