Apa saja manfaat sistem informasi manajemen dalam dunia bisnis?
Sebelum kita ketahui manfaatnya, pertama kita harus mengetahui konsep dasar dalam sistem informasi manajemen itu. Apa konsep dasar sistem manajemen informasi?
Pada era sekarang sistem informasi merupakan hal yang sangat dekat dengan kita, karena sistem informasi salah satu istilah yang popular dalam perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Â Pengertian dalam sistem informasi memiliki beberapa komponen teknologi informasi, hal ini berkaitan pada tujuan pemanfaatan teknologi informasi, dan membantu mengontrol suatu proses kinerja dalam bisnis.
Konsep dasar :
- Konsep dasar sistem
Secara umum sistem dapat didefinisikan sebagai suatu hubungan satu unit dengan unit-unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lainnya dan yang tidak dapat dipisahkan serta menuju suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut James A. O'Brien (1999:G18) sistem merupakan
- Sekelompok unsur yang saling berkaitan atau berhubungan untuk membentuk satu kesatuan yang utuh
- Sekelompok unsur yang saling bekerja sama untuk menuju pada tujuan bersama dengan menerima masukan dan menghasilkan keluaran dalam sebuah proses perubahan yang dikoordinasi;
- Suatu penyusunan metode atau cara, tata cara, atau teknik yang disatukan melalui hubungan yang diatur untuk membentuk kesatuan yang utuh;
- Sekumpulan orang, mesin, atau metode yang diperlukan untuk mencapai susunan fungsi yang khusus.
- Konsep dasar informasi
Informasi merupakan segala sesuatu keterangan yang bermanfaat untuk para pengambil keputusan/manajer dalam rangka mencapai tujuan organisai yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Menurut Kenneth C. Laudon (2004:8), informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.
- Konsep dasar manajemen
Manajemen adalah proses kerja sama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan.
Menurut Richard L. Daft (2003:5), manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasi dengan cara-cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian/pengawasan sumber daya organisasi.
Konsep dasar sistem informasi
Suatu sistem informasi pada dasarnya adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan laporan yang diperlukan.
Konsep dasar sistem informasi manajemen