Etika Dosen berkaitan dengan tingkah laku Dosen sebelum, selama dan sesudah menjalankan aktivitas mengajar di dalam kelas. Yang terkadang menjadi kebiasaan seolah-olah benar namun sebaliknya kurang mencerminkan identitas Dosen sebenarnya.
Meskipun mengajar itu seni, mempunyai stile atau gaya personal masing-masing namun nilai-nilai profesionalitas tetap dijunjung tinggi terutama saat proses pembelajaran di dalam kelas, seperti contoh tangan lipat di dada, tangan di masuk ke dalam saku celana, dan lain sebagainya.
Hal yang mendasar yang tidak pernah di koreksi namun kesadaran seorang Dosen seharusnya mempunyai naluri atau insting yang sensitif terhadap perilaku yang tidak pantas, sesuai yang diruaikan diatas bagian akhir di alinea ke-2.
Berdasarkan pengalaman, sering terbawah arus atau suasana ke etika tersebut, namun cepat intropeksi atau koreksi diri atas Dosen itu sendiri inilah sejatinya Dosen "cepat beradaptasi atau menyesuaikan situasi" jangan membiarkan etika kurang baik menjadi kekuatan karakter pribadi.
Berikut gambaran secara umum etika Dosen saat di dalam kelas yang perlu diperhatikan :
1. Penampilan Dosen:
Ini menjadi pusat perhatian bahwa Dosen harus mampu menyesuaikan diri dalam menggunakan pakaian saat mengajar di kelas, tidak perlu mewah atau pakaian mahal yang penting terlihat rapi dan enak di pandang oleh orang lain diantaranya mahasiswa/mahasiswi serta rekan Dosen yang lainnya.
Hampir setiap Dosen mempunyai keunikan sendiri dalam berpenampilan "ada yang rapi ya rapi dan yang tidak rapi ada juga dan seterusnya", artinya Dosen harus mempersiapkan cermin sebelum berangkat ke kampus atau bertanya sama diri sendiri dan keluarga, kira-kira sudah pantas belum dari sisi berpakaian.
Meskipun zaman beranjak modern, yang perlu dihindari atau hal yang tidak wajar lainnya seperti saat mengajar Dosen tersebut jangan menggunakan celana jeans, kaos oblong, atau pakaian lainnya. Mungkin ini tidak banyak dijumpai, setidaknya mengingatkan untuk akademika terutama Dosen tetap berpenampilan yang didasari etika.
2. Interaksi Dosen :Â
Dosen harus cerdas dalam mengelola kelas terutama berdiskusi "bertanya, menjawab, menyimpulkan dari materi yang dibahas". Mahasiswa dan Dosen menjadi pilar utama atas keberhasilan selama proses belajar mengajar di kelas, membangun produktivitas mahasiswa untuk lebih aktif baik bertanya maupun menjawab pertanyaan?