No.
Alur Pembelajaran
Pertanyaan Refleksi
1
Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Menurut saya, topik 3 tentang  Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran adalah bagaimana guru menyikapi dan menciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan latar belakang peserta didik, sedangkan dalam satu kelas pasti semua peserta didik memiliki latar belakang yang berbeda, baik dari segi sosial, budaya dan juga ekonomi.
2
Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Pada topik ini, saya dapat mempelajari tentang bagaimana cara untuk menyikapi perbedaan sosial, budaya, ekonomi dan politik yang ada dalam pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini, aktivitas sosial dan interaksi orang dewasa dengan anak memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk perspektif anak dalam memandang pentingnya dunia pendidikan. Kehidupan sehari-hari anak dipengaruhi oleh kondisi sosial, budaya dan ekonomi mereka, sehingga akan menghasilkan sikap, nilai dan keterampilan yang berbeda pada setiap individu, baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotoriknya.
3
Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Hal yang dapat saya pelajari bersama dengan rekan-rekan saya melalui sebuah diskusi pada Ruang Kolaborasi yaitu bagaimana kami mengungkapkan pemahaman atau pandangan kami masing-masing tentang pengaruh penerapan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam proses pembelajaran yang efektif, kemudian kami mendiskusikan hal tersebut dengan menemukan persamaan dan perbedaan pendapat dari beberapa aspek perspektif.
4
Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok, kami mempresentasikan hasil diskusi kami melalui presentasi kelompok yang dilakukan secara daring. Kemudian dari kelompok lain memberikan tanggapan, tambahan dan juga pertanyaan terkait dengan materi yang telah kami presentasikan. Melalui diskusi antar kelompok ini dapat membantu saya dan rekan sekelompok saya untuk menambah wawasan dan sudut pandang yang baru terkait penerapan perspektif sosiokultural dalam pendekatan, strategi dan metode pembelajaran di kelas.
5
Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Sejauh ini yang sudah saya pahami tentang topik ini yaitu bahwasannya perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan proses pembelajaran di kelas.
Hal baru yang dapat saya pahami dari topik ini adalah dengan memahami karakteristik dan latar belakang sosiokultural setiap peserta didik, kita sebagai guru dapat dengan mudah untuk menentukan strategi, pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan untuk merancang suatu proses pembelajaran yang lebih bermakna dengan menyesuaikan latar belakang sosiokultural peserta didik.
Yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu bagaimana cara untuk seorang guru agar dapat menempatkan diri di dalam kelas dimana didalamnya terdapat keberagaman karakteristik dan latar belakang yang dimiliki oleh setiap peserta didik sehingga kita sebagai guru mampu untuk mengendalikan kelas dengan sebaik-baiknya.
6
Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Di dalam mata kuliah lain seperti Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya, Filosofi Pendidikan Indonesia, Prinsip Pengajaran dan Asesmen I, Literasi Dalam Lintas Mata Pelajaran dan PPL 1, memiliki kaitan yang sangat erat dengan mata kuliah Perspektif Sosiokultural. Kelima mata kuliah tersebut harus mempertimbangkan perspektif sosiokultural. Dimana mempertimbangkan faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik nantinya juga akan diintegrasikan dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan peserta didik sehingga kita dapat menciptakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik
7
Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Pembelajaran ini sangat bermanfaat untuk kesiapan saya sebagai guru. Dengan mempelajari topik ini kita dapat meningkatkan pemahaman tentang masalah sosial dan ekonomi yang dapat berpengaruh pada peserta didik dalam pembelajarannya. Selain itu mempelajari topik ini juga dapat membantu saya untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan berdampak positif bagi peserta didik kita.
Dalam skala 1-10, saya menilai kesiapan saya pada angka 8. Karena dengan mengikuti dan memahami materi dalam mata kuliah ini menjadi bekal bagi saya untuk nantinya akan saya gunakan dan praktekkan pada pembelajaran di kelas dengan menggunakan pendekatan sosiokultural.
Hal yang perlu disiapkan yaitu metode belajar seperti apa yang paling efektif bagi peserta didik sesuai dengan latar belakangnya. Selain itu saya juga perlu untuk terus mengasah pengetahuan dan keterampilan saya mengenai pembelajaran yang memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik peserta didik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H