Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Â Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik dalam Pembelajaran
Lokasi                   : SMA Negeri 8 Tanjabbar, Jambi
Lingkup Pendidikan         : Sekolah Menengah Atas
Tujuan yang Ingin Dicapai   : Meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris siswa kelas XII MIPA 2 SMA negeri 8 Tanjabbar  dengan menggunakan  model  Project Based Learning(PjBL) pada pembelajaran News Item Text dengan metode Role Play
Penulis                   : Nora Handayani, S.Pd
Tanggal                  : 9-10 Januari 2023
SITUASI
Kondisi yang Melatar Belakangi Masalah:
Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan menghasilkan teks lisan atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis (Suganda dkk, 2010).Â
Mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan- keterampilan tersebut agar siswa mampu berkomunikasi dan berwacana dalam Bahasa Inggris dengan baik. Kesulitan paling esensi yang penulis alami ketika membelajarkan bahasa Inggris adalah bagaimana cara membelajarkan siswa untuk mengungkapkan bahasa tersebut secara lisan.Â