Mohon tunggu...
noor bonnierajabi
noor bonnierajabi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa aktif FEB unsoed

saya adalah mahasiswa yang menempuh jenjang pendidikan di fakultas ekonomi dan bisnis universitas jenderal soedirman

Selanjutnya

Tutup

Money

Fungsi Total Quality Manajemen pada Perusahaan

30 Mei 2022   22:33 Diperbarui: 30 Mei 2022   22:34 1116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Total Management System atau disingkat dengan TQM adalah suatu sistem  manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus). Total Quality Management atau TQM menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Singkatnya, Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction).

Dalam meninggkatkan kualitas agar menghasilkan kualitas terbaik dalam produk dan layanan yang pada akhirnya dapat mendapat tujuan kepuasan pelanggan, semua anggota organisasi atau karyawan perusahaan harus berpartisipasi aktif dalam meningkatkan proses,produk dan layanan.

Keuntungan Implementasi Total Quality Manajemen (TQM)

Keuntungan utama dari Total Quality Manajemen berhubungan erat dengan tingkat kepuasan pelanggan. Tujuanya adalah meningkatkan kualitas, dan menjamin ukuran kualitas terbaik sesuai dengan harapan pelanggan dalam hal produk, layanan, serta pengalaman pelanggan.

hal ini pasti akan meningkatkan competitive advantage di mata para konsumen terhadap kompetitor lainnya. Selain itu, implementasi TQM juga memberikan keuntungan bagi perusahaan. Keuntungan nya ialah antara lain:

1. Penghematan Biaya

Jika perusahaan dapat mengimplementasikan TQM secara terus menerus, maka perusahaan tersebut dapat mengurangi biaya biaya yang dikeluarkan pada bidang scrap, rework, layanan lapangan, dan iaya garansi. Ketika biaya tersebut daoat dikurangi maka perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang ccuku besar karena pengurangan biaya-biaya tersebut mengalir langsung pada bottom line tanpa ada biaya tambahan lagi.

2. Kepuasan Pelanggan

Dikarenakan produk dan layanan perusahaan sudah lebih baik dari competitor lain maka dari itu akan mengurangi keluhan dari pelanggan. Pegimlementasian TQM juga dapat mempermudah pelanggan mengetahui produk dan layanan dikarenakan kualitasyang sudah terjamin.

Karena kualitas yang sudah terjamin dan dapat dirasakan betul oleh pelanggan maka hal tersebut bisa menjadi ajang promosi gratis dengan words of mouth. Ini jelas akan meningkakan pangsa pasar karea dengan tindakan tersebut akan berarti dapat mendatangka pelanggan baru dari rekomendasi pelanggan lama yag puas.

3. Mengurangi Cacat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun