Mohon tunggu...
Nonik Widyaa
Nonik Widyaa Mohon Tunggu... Mahasiswa -

Sedang menempuh pendidikan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

'Amerikanisasi' Dunia dalam Kemasan Globalisasi Budaya

25 November 2018   17:34 Diperbarui: 25 November 2018   18:31 665
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Globalisasi yang mulai dicanangkan sejak abad ke-20, menjadikan masyarakat dunia harus siap menghadapi pengaruh luar terhadap seluruh aspek kehidupan negara. Tidak terkecuali aspek budayanya, yang mana kemudian disebut dengan globalisasi budaya. Globalisasi budaya merupakan penyebaran gagasan, makna, dan nilai ke seluruh dunia dengan cara-cara tertentu untuk memperluas dan memepererat hubungan sosial. Proses globaliasasi ditandai dengan konsumsi budaya bersama melalui media. Perkembangan pesat proses globalisasi budaya ini didukung oleh kecepatan dan kemudahan dalam akses arus informasi dan komunikasi. Namun hal ini menjadi implikasi karena pada kenyataannya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu dikuasai oleh negara-negara maju. Negara maju identik dengan negara barat, dan merekalah yang menjadi pengontrol dan penggerak utama komunikasi internasional. Selain itu komunikasi dan transportasi internasional juga menjadi penghilang batas-batas budaya setiap negara.

Amerikanisasi menjadi sebuah istilah yang digunakan oleh Amerika untuk mempengaruhi negara-negara lain. Dimana menghasilkan fenomena sebagai substitusi budaya Amerika dengan budaya lain. Globalisasi ini memunculkan kekhawatiran akan keragaman budaya dunia, perilaku dunia barat khususnya Amerika seolah-seolah sedang melemparkan bom budaya terhadap masyarakat dunia. Dikenal sebagai negara adidaya, selain menguasai perekonomian dunia mereka pun berusaha untuk menghancurkan tradisi dan bahasa pribumi sehingga negara-negara berkembang tersebut menjadi dilema dalam menemukan identitas budaya nasionalnya. Misalnya industri perangkat keras dan lunak komunikasi global dimiliki oleh beberapa perusahaan transisional, terutama yang berbasis di Amerika Serikat. Contoh lain yang paling banyak dibicarakan misalnya adalah percampuran makanan, sebut saja Mc.D dan Starbucks merupakan gerai makanan cepat saji Amerika yang mendunia. 

Imperialisme budaya merupakan hegemoni ekonomi, teknologi dan budaya dari negara-negara industri yang akhirnya menentukan arah kemajuan ekonomi, sosial, dan budaya dunia. Negara-negara barat mendominasi media dunia yang memiliki dampak besar pada negara-negara berkembang dengan cara memaksa mereka dengan ideologi barat, yang lambat laun justru akan menghancurkan budaya asli mereka. Negara barat memproduksi hampir semua industri media, seperti film, berita, dan musik. Kemudian negara-negara berkembang berperan sebagai konsumen; menjadi penonton media yang disajikan, berupa cara hidup, kepercayaan dan pemikiran ala barat dan kemudian mengadopsinya sehingga mampu merusak budaya asli mereka. Penguasaan teknologi inilah yang menjadi titik awal budaya barat bisa mendunia.

Kebudayaan setiap negara cenderung mengarah pada globalisasi dan menjadi perdaban dunia sehingga melibatkan manusia secara menyeluruh. Globalisasi budaya juga didukung oleh adanya regionalisasi dan lokalisasi di pasar media. Misalnya dalam bidang hiburan massa melalui tayangan dari produk media sudah sangat terasa bermuara dari negara barat. Produk-produk media barat meningkatkan konsentrasi yang mendalam bagi budaya di luar Amerika dan Inggris, Dengan kecenderungan kearah regionalisasi dan lokalisasi konten media yang sesuai dengan prioritas budaya khalayak dan ketakukan pada dunia yang dihomogeniasasi budaya. Fakta-fakta tersebut membuktikan bahwa memang perkembangan teknologi sangat berpengaruh pada negara-negara berkembang. 

Pesatnya perkembangan teknologi informasi yang menjadi sarana pendukung difusi budaya yang juga memberikan alternatif hiburan yang lebih beragam bagi masyarakat dunia. Namun Amerikanisasi budaya yang sudah semakin luas dianggap menjadi sebuah kebenaran budaya oleh masyarakat dunia. Hal ini menjadi dampak negatif bagi bangsa manapun yang rakyatnya justru lebih mendewakan budaya barat, terlepas dari banyaknya kemajuan yang dirasakan namun jika tidak diimbangi dengan kemampuan pemilahan budaya yang benar tentu saja menjadi sebuah kerugian bagi negara maupun masyarakat itu sendiri. Hal ini sangat memungkinkan eksistensi budaya lokal dapat dipandang sebelah mata jika dibandingkan dengan budaya modern. Lalu ketika masyarakat tidak lagi tertarik, menikmati, apalagi sampai tidak mau melestarikan budaya adalah dampak terburuk yang akan terjadi karena budaya aslinya akan hilang tergerus perkembangan zaman. Akibatnya negara tidak lagi memiliki keberagaman budaya dan menjadi homogen akibat Amerikanisasi. 

Globaliasi di era millennial menjadi semakin tidak terkendali lagi, sehingga masyarakat harus mampu untuk beradaptasi dengannya. Untuk melakukan adaptasi diperlukan pengembangan-pengembangan yang bersifat global namun tetap mempertahankan kearifan lokal. Globalisasi budaya harus diantisipasi dengan memperkuat identitas budaya nasional, untuk itu negara-negara berkembang harus lebih memperkokoh dimensi budaya mereka dan memelihara nilai-nilai lurhurnya agar tidak digerus oleh budaya asing.

***

Daftar Pustaka:

Khisan Thissu,Daya.2000.International Communication Continuity and Change.New York Oxford University Press In.

Dan diolah dari berbagai sumber.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun