Yang sudah diketahui sekarang, sudah banyak sekali orang yang menggunakan Internet sebagai media pemasarannya. Karena yang sudah diketahui sekarang, pengguna Internet di Indonesia sudah mencapai 50 Juta user. Ini adalah data yang diadapatkan pada akhir tahun 2011.
Jadi apakah Anda sudah menggunakan Internet sebagai media pemasaran untuk usaha atau bisnis Anda?
Jika belum, sekarang adalah saatnya Anda untuk "Go Online". Dengan Anda mempromosikan secara Online, waktu dan juga cost yang dikeliuarkan jauh lebih kecil dibandingkan Anda melakukan promosi via offline (menawarkan secara langsung ke customer/ membuka sebuah toko) yang di mana Anda harus membayar biaya sewa dari toko tersebut dan membayar gaji untuk karyawan yang Anda pekerjakan.
Jelas ini akan mengeluarkan biaya yang sangat besar. Coba bandingkan jika Anda melakukannya secara Online, bisa di bilang Anda hanya akan bermodalkan kemampuan dalam membuat sebuah situs/ blog. Ini sangat mudah, karena sudah banyak video tutorial yang diberikan sediakan di Internet.
Restaurant Jakarta Food Delivery from RestaurantJakartaDelivery.com adalah salah satu conton bisnis yang sudah menggunakan media Internet/ beralih ke dunia Internet dan melakukan suatu Gebrakan yang baru.
Kenapa?
Mungkin banyak yang sudah menyediakan pemesanan produk melalui media Online. Namun saya mengatakan ini adalah suatu Gebrakan yang baru karena jarang sekali yang menghadirkan makanan untuk produknya. Dan makanan yang di hadirkan di sini adalah bukan makanan kalengan atau makanan yang dapat beratahan lama. Namun makanan di sini adalah makanan yang biasa Anda makan di saat Istirahat. Ya, cotohnya saja keredok dan lainnya. Mungkin untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung melihat dari website tersebut.
Ini adalah salah sekian banyak contoh yang bisa saya berikan. Dan sebenarnya masih banyak lagi yang contoh lainnya yang bisa dijadikan Ide. Namun jangan lupa melakukan Test dan Ukur terhadap setiap promosi yang Anda laukan. Karena ada bisnis yang bisa dijalankan secara Online dan ada juga bisnis yang (bukan tidak bisa) namun lebih baik dijalankan secara Oflline.
Setelah melakukan Test dan Ukur terhadap semua yang Anda lakukan, pilih mana yang terbaik. Karena kebanyakan orang atau advertising lainnya hanya melakukan promosi terus menerus tanpa melakukan Test dan Ukur. Akibatnya mereka tidak mengetahui apakah promosi yang dilakukan seefektif yang dilakukan di media lain. Jelas ini akan membebankan Anda, karena Anda harus mengeluarkan budget yang besar untuk media promosi Anda.
Contoh,
Anda melakukan iklan di koran A dengan cost 20 juta. Dan Anda melakukan promosi dengan membuat Website dengan biaya 20 juta juga. Â Misalkan di sini adalah, dengan iklan di koran Anda mendapatkan hasil hanya 15 juta. Dan dengan Online Anda bisa menghasilkan 30 juta.
Jika kita melakukan Test dan Ukur, maka kita harus stop iklan di koran. Karena di sini kita RUGI. Namun bagaimana jika kita tidak melakukan Test dan Ukur? Ini adalah pertanyaannya. Orang yang tidak melakukan test dan ukur, pasti orang tersebut akan melakukan iklan lagi di koran A. Ya atau Ya? Karena orang tersebut tidak tahu yang mana yang menghasilkan. Orang tersebut hanya beranggapan, selama saya iklan saya untung 5 juta rupiah [ (35+15) - (20+20)= 5 ].
Jadi sekali lagi, tidak ada salahnya Anda mulai untuk Go Online. Karena sudah banyak yang sukses dengan mempromosikan bisnis mereka di dunia yang baru ini. Apalagi pemerintah sudah mengadakan program untuk meningkatkan jumlah pengguna Internet di Indonesia.
Jadi tunggu apalagi? Segeralah untuk Go Online dan mengatakan Go Online...!