PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA: MONOPOLOSTIK DAN OLIGOPOLI
Berdasarkan strukturnya, jenis pasar terbagi menjadi dua macam yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
Pasar persaingan sempurna adalah kondisi dimana jumlah penjual dan pembeli yang banyak atau dalam jumlah yang besar.Sebaliknya, pasar persaingan tidak sempurna adalah kondisi dimana jumlah penjual atau pedagang lebih sedikit dibandingkan pembelinya.
Dengan kata lain, pasar persaingan tidak sempurna adalah suatu bentuk pasar yang hanya ada penjual tunggal atau beberapa saja.Penjual jenis pasar satu ini berhak menjual produk tertentu dan menjadi satu-satunya yang boleh menjual produk dalam jumlah tertentu.
Kondisi diatas menimbulkan ketidakseimbangan dalam penentuan harga produk di pasar.Tidak hanya itu, barang yang dijual pun saling berbeda satu sama lain.
Penjual lain akan sulit untuk berpartisipasi dalam pasar persaingan tidak sempurna.Di industri pasar jenis ini hanya mampu atau boleh dijalankan oleh pihak-pihak tertentu.Dibawah ini adalah ciri-ciri dari pasar persaingan tidak sempurna:
- Jumlah penjual sedikit tapi banyak pembeli (penjual yang ada sangat terbatas)
- Penjual baru akan susah untuk bersaing karena banyak hambatan dan gangguan didalamnya
- Produk yang beredar dipasar atau yang diperjualbelikan bersifat homogen (satu jenis saja), dan tidak ada produk pengganti atau substitusi
- Penjual berhak menentukan harga dan pihak lain hanya bisa menuruti dan mengikuti ketetapan yang ada.
- Dalam pasar persaingan tidak sempurna ada dua bentuk pasar, yaitu pasar monopolistik dan pasar oligopoli.Selanjutnya kita akan membahas dua bentuk pasar tersebut.
PASAR MONOPOLISTIK
Pasar monopolistik adalah struktur pasar yang dimana terdapat cukup banyak produsen yang menjual produk-produk yang mirip satu sama lain, namun tidak identik atau ada perbedaan pada beberapa aspek.
Produsen atau penjual di pasar ini jumlahnya sangat tidak terbatas tetapi barang atau produk yang dihasilkan setiap produsen memiliki karakter tersendiri yang membedakannya pada barang lain.
Pasar monopolistik dapat juga disebut sebagai pasar persaingan monopolistik yang merupakan salah satu bentuk pada pasar persaingan tidak sempurna, maksudnya yaitu pasar yang tidak terorganisir secara baik.Teori pasar persaingan monopolistik dikembangkan karena ketidakpuasan terhadap daya analisis model persaingan sempurna  maupun monopoli.
Struktur pasar hampir sama dengan persaingan sempurna, namun produk yang dihasilkan tidak homogen, melainkan terdiferensiasi.Diferensiasi ini mendorong perusahaan untuk melakukan persaingan non harga.