Apakah kalian sering menunda pekerjaan? Sering berkata "Ah nanti saja masih banyak waktu kok." Kebanyakan orang menunda pekerjaan dengan alasan masih banyak waktu untuk mengerjakannya. Sebagian orang juga menunda pekerjaan karena merasa yang harus dikerjakan tidak menyenangkan, sulit atau berat. Biasanya dikalangan siswa dan mahasiswa lebih senang mengerjakan tugasnya ketika mepet deadline dengan alasan ketika mepet deadline otak akan dengan mudah bekerja. Kita sering tidak sadar bahwa sedang menunda sesuatu. Iya ngga, sih? Kita memilih mengerjakan ini dulu, itu dulu, atau menunggu mood kita enakan.
Prokrastinasi atau procrastination adalah tindakan atau kebiasaan menunda-nunda untuk melakukan sesuatu baik itu tugas, kegiatan, maupun pekerjaan tertentu. Apakah menunda-nunda pekerjaan pekerjaan hanya dilakukan orang-orang pemalas? Tidak selalu demikian.
Kenapa kita hobi menunda? Semua orang pasti pernah bermasalah dengan kebiasaan menunda. Tapi apakah kamu mengetahui penyebanya? Artikel ini akan membahas penyebab kamu sering menunda pekerjaan dan solusinya.
1. Overwhelmed
Penyebab yang pertama yaitu overwhelmed, Apa itu overwhelmed? Maksud hati ingin produktif, tapi kamu malah terlalu memforsir pekerjaan. Hati-hati dengan overwhelmed, kalau kamu merasakan hal ini, kamu bisa belajar untuk mengatur waktu dan menentukan prioritas.
2. Fear! Fear! Fear!
Apakah pernah kamu mempunyai pekerjaan tapi hanya dipikirkan tanpa dikerjakan? Nah hati-hati dengan hal ini ya! Pasti kamu pernah menganggap suatu pekerjaan itu sulit sebelum kamu melakukannya dan hal ini membuat kamu malas untuk mengerjakan pekerjaan itu sehingga kamu memilih untuk menunda dengan alasan dipikirkan terlebih dahulu. Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, pahami soal pekerjaan kamu, lalu bagi pekerjaan kamu menjadi beberapa langkah supaya tidak terasa berat. Jangan berkata sulit atau tidak bisa sebelum kamu mencoba mengejakannya.
3. Self sabotase
Secara tidak sadar, sebenarnya kita sering kali melakukan sabotase terhadap diri sendiri. Kita secara tidak sadar menahan diri kita untuk mulai bekerja dan malah melakukan hal lain. Seperti ketika ada pekerjaan, kamu memilih untuk menonton film terlebih dahulu dibandingkan mengerjakan pekerjaan tersebut. Solusi dari hal ini adalah kamu harus lebih memahami emosi kamu dan melatih fokus.
4. Terlalu perfeksionis