Mohon tunggu...
Noer Pratidina
Noer Pratidina Mohon Tunggu... Guru - Penulis Bebas

Belajar jadi Penulis

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

ANDRE TAULANI ANTARA VOKALIS DAN PELUCU

15 Februari 2015   08:26 Diperbarui: 17 Juni 2015   11:09 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1423938305946584312

Halo Para Kompasianer, ini adalah tulisan pertama saya, tulisan ini hanya sekedar mencurahkan pikiran saya, dan berharap feed back dan masukan dari para pembaca yang budiman .

Baiklah, mohon maaf sebelumnya, tulisan saya kali ini adalah membahas tentang sosok seorang pelawak yang “professional” bernama ANDRE TAULANI yang saya anggap sama sekali sungguh sangat tidak ahli sekali dalam bidangnya yakni dalam hal melawak ( sowry subjektif) , Tidak ada maksud untuk menjelek – jelekkan Andre karena saya suka sama orangnya, lagu dari Stinky menjadi lagu wajib saya di karaoke,  tapi saya merasa perrlu menyampaikan ini untuk menjaga kualitas seni Negara kita ( walaupun saya bukalah siapa – siapa )


Sebelum saya mencoba menulis artikel ini,  saya sudah browsing di internet, dengan kata kunci “ andre tidak lucu” dan kata kunci yang sejenisnya, dimana saya mengharapkan akan menjumpai sebuah artikel yang berisikan dengan kejengkelan menyaksikan lawakan garing Andre, namun sampai saat ini saya tidak menemukan satupun artikel tersebut. Namun ini tidak mengendorkan semangat saya  (maaf, no offense) untuk menulis tentang beberapa alasan sehingga Andre belum layak disebut sebagai seorang pelawak.

Saya paham betul bahwa tidak seharusnya saya memaksakan terus menerus menyaksikan aksi Andre, tapi saya bisa apa, tampangnya selalu ada  pada setiap penampilan SULE, pelawak comedian favorit saya, yang responsive, punya lelucon yang terbarukan, dan gesture yang alami, multi talent, apa adanya, betul – betul membuat suasana hidup.


Baiklah cukup tentang SULE langsung saja, ada beberapa poin menurut saya sehingga Andre belum pantas untuk di sejajarkan dengan pelawak – pelawak kenamaan.

1.Andre Terlalu ganteng untuk ukuran pelawak.

Saya memperhatikan Andre terlalu mengutamakan penampilannya, terlalu Jaim, ditambah dengan potongan rambut yang tidak mencirikan pelawak, dan di beberapa adegan malah sering mengungkit – ungkit kejayaan masa lalunya.

2.Andre adalah seorang penyanyi dan streotipe sebagai penyanyi tetap melekat di benak banyak orang.

Dalam penampilannya Andre beberapa kali memamerkan kepiawaiannya dalam bernyanyi dan bisa ditebak, selalu mendapat applause yang meriah dari pemirsa. Hal yang justru merupakan sebuah Blunder untuknya, sebab orang – orang tidak bertepuk tangan karena melihat Sosok seorang comedian yang ternyata punya bakat lain dan bersuara merdu, tetapi semakin mempertegas bahwa dulunya dia adalah seorang penyanyi yang hingga sekarang masih seperti itu.

3.Tidak maksimal untuk menjadi comedian.

Coba perhatikan baik – baik performance dari Andre, pasti terlihat dengan jelas bahwa dia seolah – olah masih malu – malu ketika harus bertingkah ngondek ( kesan yang terlihat meniru – niru cara Sule) harus kita akui, ada orang yang ketika bertingkah kebanci – bancian akan menciptakan kelucuan dan kejenakaan, dan ada juga beberapa orang yang mencoba melucu dengan bertingkah kebanci – bancian, namun hal tersebut justru semakin mempermalukan dirinya, dan hal tersebut selalu terjadi pada Andre, Sering juga Andre mengulang – ulang kelucuan oleh pelawak sebelumnya sehingga semakin memperlihatkan kebodohannya. Seandainya oh seandainya Andre hanya diundang sebagai bintang tamu, maka mungkin saya bisa menikmati jokes nya.

4.Sebagai Comedian Andre Taulani Tidak memiliki karakter.

Dia seperti tidak rela melepaskan karakternya atau streotipnya sebagai seorang penyanyi terkenal di masanya, pertama, potongan rambut Andre masih sama dan terlalu rapi ( klo jabrik atau botak, mungkin akan membuatnya lucu) kedua dia tidak memiliki nama yang mencerminkan seorang pelawak, dengan memakai nama ANDRE TAULANI, bukannya ANDRE ONCOM atau ANDRE OBENG, atau semecamnya.

Pernah suatu waktu, dalam perjuangannya selama ini Andre hampir mendapatkan karakternya, dengan menciptakan gombalan – gombalan yang lucu, namun sayangnya lagi – lagi (mungkin tidak ditakdirkan sebagai seorang pelawak) karakter emas ini diambil oleh DENNY CAGUR yang sangat kreatifd dalam menciptakan gombalan, padahal, Denny Sudah punya karakter Goyang Bang Jali.

Sebenarnya masih banyak poin – poin di kepala saya, hanya saya merasa hanya 4 poin diatas yang masih dalam batas kewajaran untuk di sampaikan di media elektronik.
Di acara Talk Show NET TV bersama denga SULE, sepertinya Produser sudah menyadari akan hal ini

[caption id="attachment_368967" align="aligncenter" width="300" caption="Saat mencoba bertingkah lucu"][/caption]

sehingga Andre ditempatkan membelakangi penonton, dan mendapatkan porsi tampil yang bisa dibilang kurang.

Untuk Bang Andre Taulani, bertobatlah, kembalilah ke jalan yang benar, Indonesia butuh musik yang berkualitas, barangkali lewat sentuhan tangan Anda, dunia musik kita dapat berkembang.

Sebelum menutup tulisan ini, saya menghaturkan terima kasih kepada para pembaca yang telah rela meluangkan waktunya, dan tanggapan dan komentar atas tulisan ini sangat kami harapkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun