Mohon tunggu...
Noenky Nurhayati
Noenky Nurhayati Mohon Tunggu... Guru - Kepala sekolah, Pendongeng, Guru Dan trainer guru

Saya adalah seorang penulis lepas, teacher trainer, MC, pendongeng dan kepala sekolah yang senang mengajar Karena memulai Dunia pendidikan dengan mengajar mulai dari Play group TK SD hingga SMP. Sampai sekarang ini. Saya masih aktif mengajar disekolah SD N BARU RANJI dan SMP PGRI 1 Ranji , Merbau Mataram. Lampung Selatan. LAMPUNG. Saya juga pernah mendapatkan beberapa penghargaan diantarainya Kepala sekolah TK terbaik Se Kabupaten Bekasi, Kepala Sekolah Ramah Anak Se Kabupaten Bekasi, Beasiswa Jambore Literasi Bandar Lampung Tahun 2023 dan Beasiswa Microcredential LPDP PAUD dari Kemendiknas tahun 2022.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Resolusi 2023: Sebuah Pandangan untuk Melewati Tahun 2023 dengan Lebih Baik

4 Januari 2023   21:29 Diperbarui: 4 Januari 2023   21:32 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa yang akan Saya tulis Kali ini semoga bisa memberikan manfaat bagi seluruh pembaca. 

Tahun 2022 telah berakhir, kini Kita telah berada di Tahun 2023. Tentunya Kita semua memiliki pengalaman Manis Dan pahit yang telah dilewati pada tahun lalu. Tidak semua pengalaman Manis itu memberi kesan baik Dan tidak semua pengalaman pahit itu memberikan kesan yang buruk pula. Setiap Hal yang Kita lewati tentunya memberikan manfaat bagi Kita semua untuk bagaimana bertumbuh, berubah Dan berproses  dengan lebih baik. Pada fase ini, Saya pribadi melepaskan semua Hal ditahun lalu yang telah memberikan dampak negatif. Namun sebaliknya Saya mempersiapkan diri Dan menyambut perubahan baru, pelajaran baru, Dan petualangan baru ditahun baru ini. Saya juga menyambut peluang baru untuk tumbuh secara emotional, mental Dan spiritual yang juga tidak kalah pentingnya.  Berikut adalah  pelajaran yang akan Saya bawa di tahun 2023 yang mungkin juga bermanfaat bagi Kita semua. 

1. Let it go (Biarkan saja)

Pastinya Kita selalu menganggap kedamaian lebih penting daripada memaksakan diri sendiri untuk mencoba mengerti sesuatu itu terjadi dengan sedemikian rupa. Mulailah move on dengan hal-hal yang telah memgecewakan. Biasakan bertanya pada diri sendiri dengan jujur"Does this really support the life I'm trying to create? (apakah ini mendukung kehidupan yang Saya Coba ciptakan?)". Jika tidak lepaskan saja.  Hidup harus terus maju kedepan bukan? So Biarkan saja. Tak perlu Kita menghabiskan waktu untuk memikirkannya. 

2. Believing in what you deserve ( percaya pada Apa yang pantas didapatkan)

Tentunya Kita pantas untuk hal-hal yang membuat Kita bahagia, sukses Dan bermanfaat. Kita pasti akan kagum  dengan Apa yang kita anggap baik dimasyarakat setelah kita juga mulai percaya pada Apa yang pantas didapatkan. Setelah kita berada pada sebuah lingkungan yang kita anggap mendukung Kita, Maka Kita harus berhenti untuk terpaku pada batasan yang ada pada diri Kita hanya untuk mengakomodasi rasa tidak hormat. Berkembanglah dengan lebih baik Dan cepat. Sesuaikan kemampuan yang kita miliki dengan terus belajar Dan belajar menjadi lebih baik. Jangan terbatas pada mindset 'aku sepertinya tidak bisa'. Berilah kekuatan diri untuk maju Dan berubah. Pasti bisa, itu kata kuncinya

3. Love yourself (cintai diri sendiri)

Jadikan Hari kemarin sebagai Hari terakhir yang dihabiskan dengan mengorbankan waktu Dan tenaga untuk orang-orang yang hanya ada untuk memanfaatkan kebaikan yang ada pada diri. Carilah teman-teman atau circle yang benar-benar mendukung, Dan bukan mentoleransi yang justru tidak membawa kebaikan. Jika mereka tidak dapat melihat nilai yang ada pada diri, maka inilah saatnya untuk memulai yang baru. Jika ingin hidup benar-benar berubah dalam setahun, Maka yang harus di lakukan adalah cukup dengan mencintai diri sendiri untuk mengetahui bahwa aku juga pantas mendapatkan lebih , cukup berani untuk menuntut lebih banyak, Dan cukup disiplin untuk benar-benar bekerja lebih pantas. 

Nah itulah tiga (3) Hal yang aku bawa sebagai tekadku di tahun 2023. Aku melepaskan semua Hal ditahun lalu yang kuanggap negatif. Aku mempersiapkan Dan menyambut perubahan baru, pelajaran baru, Dan petualangan baru . Aku menyambut peluang baru dengan lebih Optimis untuk tumbuh secara emotional, mental Dan spiritual. Bagaimana dengan kamu? 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun