Salah satu bagian terpenting dalam proses belajar pada perkembangan anak adalah pengembangan komunikasi komunikatif dimana anak anak mengalami kemampuan dalam menyampaikan pikiran, perasaan, dan niat dalam cara yang berarti dan budaya berpola. Komunikasi didefinisikan kedalam dua proses yaitu kita mengirim dan menerima pesan kepada orang lain.
Selama masa akhir anal-anak, perkembangan bahasa terus berlanjut. Perbendaharaan kosakata anak terus meningkat dan cara anak-anak menggunakan kata dan kalimat bertambah kompleks serta lebih menyerupai bahasa orang dewasa (Psikologi Perkembangan hal. 178, 2010)
Anak-anak makin mampu mengarang cerita yang dapat dimengerti. Kemajuan dalam kesadaran metalinguistik-pengetahuan pengenalan bahasa telah muncul selama di masa sekolah dasar seiring dengan meningkatnya kemampuan anak-anak untuk mendefinisikan kata-kata, peningkatan pengetahuan sintaksis dan pemahaman yang lebih baik dalam menggunakan bahsa yang sesuai dilihat dari sudut budaya. Dalam bahasa terdapat komponen membaca dan menulis yang berkembang seiring berkembangnnya kemampuan berbahasa. Kemampuan berbahasa yang baik akan memberikan dasar yang baik pada membaca dan menulis.