Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi turut mengalami kemajuan sebagai dampak adanya globalisasi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki dampak negaitf dan juga positif. Dampak positif salah satunya yakni semakin mudahnya berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga orang tua melakukan pengaksesan terhadap suatu informasi hanya dengan menggunakan gadget mereka masing-masing. Selain dampak positif tersebut, dampak negatif juga turut mengiringinnya. Salah satunya, yakni dapat menyebabkan terjadinya pemahaman moral yang rendah. Maraknya penggunaan gadget dikalangan anak-anak tanpa pengawasan dari orang tua menyebabkan anak-anak tidak dapat memfilter apa yang mereka tonton di gadgetnya. Mereka belum bisa memahami mana yang seharusnya boleh dan tidak boleh untuk ditonton atau ditiru. Terlebih lagi, pada dasarnya anak-anak suka meniru atau mencoba hal-hal yang baru.
Hal tersebut sependapat dengan teori belajar  Bandura dalam Laila (2015) yang menyebutkan bahwa meniru berbagai hal yang ada di lingkungannya melalui pengamatan yang dilakukan, termasuk didalamnya yakni perilaku orang lain merupakan cara seseorang melakukan sebuah pembelajaran. Penggunaan media sosial yang dilakukan secara terus menerus dapat membentuk perilaku anak. Terlebih lagi, banyaknya konten-konten yang tidak mendidik dan memiliki moralitas yang rendah banyak tersaji di berbagai media sosial dan banyak juga anak-anak yang meniru konten-konten tersebut tanpa mengetahui boleh tidaknya hal tersebut dilakukan. Hal itulah yang dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pemahaman moral anak menjadi rendah.
Tabel eksperimen penggunaan media sosial YouTube beserta dampaknya sebagai berikut:
Usia
Jenis Media Sosial
Durasi Menonton
Dampak
5 Tahun
YouTube
> 2 jam
- Malas beraktivitas
- Mudah emosi, tidak terkontrol
- Suka meminta barang-barang seperti yang ada di YouTube dan jika tidak dituruti akan marah
- Apabila gadget disita, ia marah
- Suka menirukan semua hal yang ada di YouTube, tanpa memfilter
- Apabila gadget hilang, langsung sangat kebingungan dan marah
5 Tahun