Nizam Aryasatya

Hobby

Riding sambil Touring Jogja-Dieng

21 Mei 2021   10:00 Diperbarui: 22 Mei 2021   06:39 287

Dieng Plateu 17 November 2018, Perjalanan lama tapi baru sempat jalan kecil seperti biasa.  ( Jalur jalan kecil bisa sampai macet parah ).  Perjalanan Jogja  - Dieng kita tempuh menggunakan sepeda motor ( Jadi motor sehari ) padahal tiap hari juga naik motor.  Hari itu saya berkesempatan Ke Dieng atas ajakannya Temanku ( sempet mengusulkan diri haha )  dan bareng sama teman-teman kampungnya. Minggu 18 November 2018 janjian jam 06.00 pagi  berangkat menuju Ke Dieng.  Karena perginya bareng teman-teman kampungnya  jadi aku janjian sama temanku ketemu di rumahnya. Jam 5.45 pagi berangkat dari rumah ga sempat sarapan ataupun minum susu paling minum air saja sudah cukup ( adanya cuma air ).  Jam 06.30 sampai di tempat temanku Terus Kita cuss kumpulan dengan teman yang lainnya.  Sekitar  30 menit kita kumpul dan dirasa yang mau ikut sudah siap kita start perjalanan ke Dieng.

Kita berangkat 5 motor 9 orang yang 9 cowok kalo capek bisa diganti bonceng sama temanku atau lainnya.  Buta arah jalan yang penting liat orang - orang di depan jangan sampai ketinggalan padahal orang yang mana enggak hafal.  Jogja - Dieng memakan waktu sekitar 3 jam.  Dan ketika menuju Kota wonosobo aku sama temanku sempet ketinggalan beberapa kali.  Karena  jalan macet, isi bensin dan telat nyebrang tapi mereka sudah nunggu didepan jadinya tidak takut hilang.  Sampai pas ketinggalan yang terakhir tidak tau arah dan tujuan dan yang didepan tidak kelihatan tapi untungnya tidak deras tepat dijalannya yang berkelok dan nanjak naik-naik di puncak gunung.  Kita menepi pake mantrol terus lanjut perjalanakan. Udara sudah cuaca dingin dan buat dingin dan kabupaten mulai turun.  Suasana semakin tak memungkinan untuk lanjut perjalanan dan akhirnya kita sampai di Gapura Kawasan dieng plateu kita berhenti dan poto - poto sambil nunggu gerimis pergi.

Sebentar lagi akan menunggu dengan kabut dan gerimis berangsur pergi dan kita lanjut perjalanan menuju Telaga Warna. perjalanan melewati kelokan dan tanjankan dimulai lagi.  Dan ada satu tanjakan yang lumayan panjang begini rasanya mglewati tanjakan motor di gas rasanya tidak jalana -jalan.  Akhirnya hujan turun lagi dan ini lumayan deres terus kita terteduh disebuah warung makan sekalian isi perut.  Tidak menunggu berapa lama dan kita sudah selesai makan yang tiba-tiba hujan udah reda dan cuaca berpihak pada kita matahari menampakan sinarnya.  Kita lanjut Ke telaga warna.

Dari Telaga Warna kita lanjut ke Dieng Plateu Theater yang dengan  kita akan nonton bioskop dulu.  box office no satu disini sejarah dieng dan info-info tentang dieng dikemas dalam sebuah film dan ditanyakan disini. Selesai nonton film kita lanjut menuju ke desa tertinggi di Pulai Jawa Sembungan puncak si kunir tujuan kita kali ini.  Untuk menuju puncak diperlukan waktu sekitar 30 menit.

Dari Si Kunir.  kita lanjut jam 16.30 sore yang sedang perjalanan akan  mencari hotel dengan ada terdekat candi temple. ternyata baru turun cuaca kabut juga dingin sampai keras. karena cuaca dingin juga hampir terdekat hotel dari gunung.  Saat kita akan butuh istirahat dari hotel dieng.

lanjutkan jam 18.30 yang akan tujuan ke dieng untuk jalan-jalan sambil santuy aja wkwkwk.  Teman-teman pengen coba beli jajan seperti apanya kayak rasanya enak tapi berbeda,  dan Sekarang kita akan mencari sholat di tempat masjid juga ada luas lumayan biar nyaman.  Tiba-tiba ketemu ada saudaraku sudah lama ga ketemu lagi langsung pelukan juga sampai nangis karena saya  kangen sama saudaraku ini tidak pernah ketemu lagi karena saudaraku sedang sibuk juga banyak dari kerja. ternyata saudaraku bilang hari ini liburan cuma 5 hari yang dari kerja teruss saudaraku lagi jalan-jalan  sambil beli jajan biar tidak bosen dari kerja. Dan saya akan bersama dengan saudaraku yang sedang mencari di tempat nongkrong untuk bareng ngobrol seperti biasa aja. setelah saya sama temanku akan balik dulu, soal besok kita siap segera akan pulang ke jogja. saudara katanya oh ya. hati-hati, Semoga sampai keselamatan dari jogja ke dieng ( amin ).  Terimakasih juga kamu!

kemudian, hari ini tgl 19 maret 2018 yang waktu pagi jam 05.20 ini mau pulang dari Hotel Dieng. kita lanjutkan perjalanan untuk kembali ke Jogja dari Dieng.  Untuk perjalanan pulang cukup juga lancar hanya saya dan temanku lagi - lagi ketinggalan.  Dan jalan pulang ini nampak extrem.  Padahal jalan yang dilewati waktu berangkat sama pulang sama. Cuma Karena pulangnya sudah waktu jadwal yang jadi nuasanya kok beda kanan kiri juga kena kabut sekali dan depan tidak keliatan juga entah mereka sudah sampai mana serasa jalanan milik sendiri.  Jalan tidak kelihatan tiba-tiba belokan waaaaa...... senam jantung.  Mau cepat takut glangasr ditikungan mau pelan ketinggalan jauh ( Dilema Besar ). Ketika ada mobil lewat dari arah berlawanan tambah membuat deg2an lampunya silau dimata dan tiba-tiba yang keliatan tebing ...... hua...... huaaaa..... apa ini.  Eh,  lama-kelamaan akhirnya yang didepan sadar juga kalau kita tidak keliatan dan mereka lagi berhenti akan nunggu dengan kita.  Setelah itu saya menyerah bonceng aja dari pada memperlambat yang lainnya.  Akhirnya jam 9.30 pagi yang nyampe juga di rumah dan happy ending dengan perjalanan seru hari itu.  Tengkyu temanku dan terima kasih kepada semuanya dan maaf sempat memperlambat perjalanan karena sering ketinggalan dan tidak kelihatan hampir batang dengan motorku.  ^_^