Sejarah Peradaban Islam (SPI) merupakan mata pelajaran yang memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter dan identitas peserta didik. Sejarah Islam tidak hanya mengenalkan siswa pada peristiwa masa lalu, tetapi juga menanamkan nilai-nilai luhur Islam yang relevan dengan kehidupan masa kini. Melalui pembelajaran Sejarah Islam, diharapkan siswa dapat memahami akar budaya dan peradaban Islam, mengambil hikmah dari sejarah, serta menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun, efektivitas pembelajaran Sejarah Islam seringkali menjadi tantangan tersendiri. Pembelajaran Sejarah Islam yang monoton dan kurang inovatif dapat menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang bersemangat untuk belajar. Akibatnya, tujuan pembelajaran Sejarah Islam, yaitu menumbuhkan kecintaan terhadap Sejarah Islam dan menginternalisasi nilai-nilai keislaman, sulit tercapai secara optimal.
Sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sungai Rengit Murni, penulis menyadari pentingnya meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah Islam di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Talang Kelapa. Sungai Rengit Murni adalah desa yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dan masyarakatnya sangat mengapresiasi pendidikan agama, termasuk sejarah Islam. Namun, kendala yang sering ditemui di desa ini adalah kurangnya sumber daya pengajaran yang memadai serta kurangnya pengalaman guru dalam menerapkan metode yang interaktif dan menyenangkan dalam pembelajaran sejarah Islam. Di SDN 09 Talang Kelapa, meskipun ada pengajaran sejarah Islam, pelaksanaannya masih bersifat konvensional, dengan pendekatan yang lebih menekankan pada hafalan dan teori. Oleh karena itu, adanya KKN memberikan kesempatan untuk memperkenalkan metode dan strategi baru dalam pembelajaran sejarah Islam agar lebih menarik dan efektif bagi siswa.
SDN 09 Talang Kelapa merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di wilayah Desa Sungai Rengit Murni, dengan sebagian besar siswa berasal dari keluarga dengan latar belakang agama Islam. Tujuan dari pembelajaran sejarah Islam di SDN 09 Talang Kelapa, antara lain memperkenalkan Sejarah Islam dengan cara yang menarik agar menarik minat siswa untuk lebih mengenal sejarah Islam sejak dini melalui pendekatan yang menyenangkan dan berbasis pengalaman, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam, membangun karakter keagamaan supaya memperkuat karakter dan nilai-nilai keagamaan siswa dengan menanamkan pesan moral dari setiap peristiwa dalam sejarah Islam, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan mengajak siswa untuk berpikir kritis mengenai bagaimana sejarah Islam relevan dengan kehidupan mereka saat ini.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI