Mohon tunggu...
NITA
NITA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Industri Fashion Lokal Melesat! Ini Dia Strategi Inovasi Produk dan Segmentasi Pasar Ecinos Untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitifnya

10 Januari 2025   13:49 Diperbarui: 10 Januari 2025   14:07 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Postingan Instagram Ecinos (Sumber: Instagram Ecinos)

Oleh Nita, Endy Gunanto Marsasi

Di era global ini, industri fashion lokal telah mengalami perkembangan yang pesat dan mengubah perspektif masyarakat mengenai industri fashion. Selain teknologi, preferensi yang berbeda dari tiap generasi yang ada juga menjadi salah satu penyebab dari perkembangan ini. Generasi Z merupakan salah satu penggerak arus trend fashion kearah yang lebih segar dan unik, yaitu dengan penekanan pada konsep minimalistic serta ekspresi diri.

Bagaimana sebuah merek dapat menciptakan keunggulan kompetitifnya? Dapat kita lihat bahwa telah banyak merek lokal saat ini, yang telah membuktikan kreativitas dari inovasi yang dilakukan untuk terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas produk dalam negeri. Dengan inovasi produk sebuah merek memperlihatkan kepada pasar bahwa produk mereka memiliki nilai diferensiasi dan dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan pasar yang lebih luas. Selain itu, dengan menentukan pasar yang tepat bagi produk yang akan ditawarkan, sebuah merek dapat dengan mudah menjangkau pasar yang mereka inginkan dan juga menentukan strategi serta platform yang akan mereka gunakan kedepannya. Kedua hal ini membantu sebuah merek untuk dapat menciptakan keunggulan kompetitifnya.

Nah, lalu apasih itu inovasi produk dan segmentasi pasar? Dan bagaimana Ecinos memanfaatkan dan menggunakan kedua strategi tersebut?

Inovasi produk merupakan proses penciptaan ataupun pengembangan produk baru yang ditujukan untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar terhadap suatu produk atau jasa. Inovasi produk berarti penciptaan produk baru yang memberikan solusi dari masalah pasar yang ada saat ini. Sedangkan, segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi kelompok-kelompok kecil dengan karakteristik serta kebutuhan atau preferensi yang sama. 

Ecinos didirikan pada tahun 2018, dengan tagline "High quality. Timeless. For Every You". Merek ini memiliki konsep fashion basic dengan tren gaya Korea yang saat ini sangat digemari, terutama oleh banyak kaum wanita. Warna-warna yang ditawarkan juga beragam, mulai dari warna netral, pastel hingga warna terang. Ecinos merupakan merek lokal yang dirancang dengan menyesuaikan preferensi dan kebutuhan pasar terkait pakaian kantoran, pakaian santai untuk hangout, hingga pakaian untuk acara kasual. Ecinos semakin memperhatikan inovasi yang mereka lakukan, dan juga segmentasi pasar yang mereka tuju. 

Inovasi produk yang mereka lakukan adalah dengan menciptakan atau mengembangkan produk seperti knit, kemeja, rok serta dress yang sesuai dengan preferensi konsumen. Produk-produk mereka memberikan solusi bagi konsumennya yang memiliki kekhawatiran tentang bentuk tubuh, hingga warna kulit. Oleh karena itu, Ecinos memperlihatkan bahwa setiap produk mereka diperuntukan bagi setiap orang, mulai dari usia, jenis kelamin, bentuk tubuh, warna kulit, hingga profesi. 

Lalu, melalui media sosialnya Instagram serta Tik Tok. Ecinos melakukan kegiatan pemasaran untuk menjangkau segmen pasar utama mereka yaitu Generasi Z dan Millenial. Serta, melalui e-commercenya seperti Shopee, Ecinos bisa melakukan pengiriman untuk luar negeri yaitu ke Malaysia dan Singapore.

Kedua strategi ini dinilai sangat penting saat kita akan memulai atau bahkan mempertahankan sebuah bisnis. Karena bisnis tanpa inovasi dan segmen pasar yang tepat akan kehilangan arah dan sulit untuk bertahan dan bersaing di pasar yang lebih luas.

Referensi :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun