Kurang Lebih sudah 1,5 tahun sejak awal pandemi COVID-19 terjadi di Indonesia. Sesuai peraturan pemerintah, setiap orang wajib melakukan 5M (Mencuci Tangan,Memakai Masker,Menjaga Jarak,Menjauhi Kerumunan,Mengurangi Mobilitas). Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai pandemi COVID-19 yang sangat mematikan. Pada tanggal 25 Juli 2021, pemerintah melaporkan adanya 38.679 kasus baru harian infeksi Covid-19. Â Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah pasien yang pulih dilaporkan sebanyak 37.640 orang. Sementara korban meninggal sebanyak 1.266 orang. Pandemi COVID-19 tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Berbagai upaya telah dilakukan agar wabah ini segera berakhir, karena wabah telah menghancurkan seluruh aspek kehidupan, dan salah satunya adalah sektor pendidikan.
Di tengah pandemi yang terus merebak, sektor pendidikan harus tetap mendapat perhatian khusus agar tidak terdampak parah. Ketika membahas dunia pendidikan, masa depan suatu negara akan dibicarakan. Dari perspektif umum saat ini, pandemi COVID-19 menimbulkan banyak ancaman bagi dunia pendidikan, tetapi dapat dilihat dari perspektif yang berbeda, sehingga ancaman tersebut dapat diubah menjadi peluang untuk memajukan perkembangan dunia pendidikan. Saat ini, sistem pembelajaran secara daring menjadi alternatif yang paling memungkinan agar proses pendidikan tetap berlangsung dengan baik walaupun dilakukan dari rumah. Sehingga pembelajaran daring bisa mengurangi dan mencegah penularan wabah COVID-19.
Pemberlakuan social distancing menimbulkan dampak dalam berbagai bidang kehidupan salah satunya dalam bidang Pendidikan. Berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 serta Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang berisi tentang Pelaksanaan Pendidikan di Masa Darurat Penyebaran COVID-19.
Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa proses pembelajaran dilakukan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau sering kali dikenal pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). Namun tidak dapat dipungkiri banyak sekali kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 ini.
Berdasakan hal tersebut sangatlah mungkin smartphone atau gadget dapat diefektifkan pemanfaatannya sebagai media atau sarana pembelajaran jarak jauh di tengah masa pandemic COVID -19. Pemanfaatan smartphone atau gadget memerlukan aplikasi tambahan. Aplikasi ini tidak terdaftar sebagai aplikasi bawaan yang bias diunduh di laman play store bagi pengguna android atau app store bagi pengguna IOS (iphone). Sekedar alternatif, aplikasi yang dapat dipergunakan antara lain Whatsapp, google form, quizizz, edmodo, dan microsoft office.
Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-Tematik) 2021 yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini mempunyai salah satu program utama yaitu Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan Pada Situasi Pandemi COVID-19, program ini dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir ancaman negatif pada situasi pandemi COVID-19 ini terutama ancaman negatif di bidang pendidikan.
Saya Nisya Atika Sari sebagai Mahasiswa UPI jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah peserta KKN Tematik UPI tahun 2021. Tema yang dipilih dalam kegiatan KKN Tematik ini adalah Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sumber yang berlokasi di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.
Program kegiatan yang pertama yang dilakukan selama siswa masih dalam masa libur sekolah diantaranya adalah penguatan pembelajaran daring dengan menggunakan Quizizz yang bertujuan untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan proses pembelajaran.
Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar. Kita juga dapat menambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengetahuan pertanyaan sesuai keinginan anda. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.
Pada Quizizz, dapat juga memberikan pertanyaan atau jawaban yang menggunakan rumus-rumus perhitungan matematika, seperti perpangkatan, integral, dan lainnya, sehingga memudahkan guru dalam membuat soal latihan. Bila kuis sudah jadi, guru dapat membagikannya kepada siswa dengan menggunakan 5 digit kode untuk bisa akses ke kuis tersebut.
Dalam Quizizz ini terdapat fitur yang memberikan lima jenis soal, yaitu pilihan ganda, kotak centang, isi bagian yang kosong, pemilihan/survei, dan terbuka berakhir/esai. Untuk survei dan terbuka berakhir/esai sendiri, Quizizz tidak melakukan penilaian secara langsung karena sistem tidak dapat menilai.
Kelebihan dari quizizz bagi siswa adalah siswa tidak dapat mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya. Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui rangking yang dia dapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. tidak hanya itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.
Keuntungan quizizz bagi guru adalah akan ada grading otomatis, kemudian quiziz membuat analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Laporan cukup detail, setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar-salahnya, serta prosentase pencapaian quiz untuk seluruh siswa.
Dari manfaat penggunaan serta kelebihan tersebut, Quizizz terbukti sangat efektif digunakan untuk membantu guru dalam proses penilaian hasil belajar siswa-siswanya, dan dapat mengetahui kemampuan siswanya secara detail mulai dari tingkat pemahamannya, tingkat kecepatan berpikirnya, hingga tingkat keseriusannya selama proses pembelajaran yang telah berlangsung.
Oleh: Nisya Atika Sari (1805891) Pendidikan IPA FPMIPA UPI
Dosen Pembimbing Lapangan: Didin Wahyudin, M.T., Ph.D.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H