Pada hari Jumat, 16 Agustus 2024, Kelompok 2 Galeri Investasi BEI FEB UNISMA sukses menyelenggarakan kegiatan "Kandidat Sarjana Mengabdi"(KSM-E) dengan tema acara Edukasi dan Pelatihan Investasi menggunakan aplikasi IPOT di SMAN 2 Kota Batu. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang investasi saham kepada siswa-siswi serta memberikan pengalaman praktis dalam menggunakan platform trading.
Berikut ini adalah anggota dari Galeri Investasi kelompok 2 yang melakukan edukasi di SMAN 2 Kota Batu dengan Dosen Pembimbing Lapangan yakni Dr. Nurhidayah, SE., M.M sebagai pembina Galeri Investasi dan anggota kelompok 2 Edukasi yakni: Ahmad Taufiqurijal (Manajemen), Lingling Ayu Alika (Manajemen), Niken Widya Ningrum (Manajemen), Ani Lestari (Manajemen), Niswah Itsna Rojaba (Manajemen), Putri Denavia (Manajemen), Shochibul Liwa' (Manajemen), dan M. Bayu Rayhan (Manajemen).
KSM-E atau Kandidat Sarjana Mengabdi merupakan program yang diberikan kepada mahasiswa dengan cara mengkonversikan beberapa kegiatan kemahasiswaan yang terkait dan relevan dengan kegiatan berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dengan pengertian lain KKN-Ekuivalensi ini merupakan pengakuan terhadap beberapa peran mahasiswa dilingkungan organisasi intra kampus dalam bentuk kredit poin untuk dikonversi dengan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Dalam melaksanakan kegiatannya, kelompok 2 Galeri Investasi BEI FEB Unisma memilih SMAN 2 Kota Batu sebagai lokasi Edukasi, setelah melakukan berbagai pertimbangan.Â
Acara yang dimulai pada pukul 6.30-07.35 ini menghadirkan pengurus GI BEI FEB UNISMA sebagai narasumber. Materi yang disampaikan sangat menarik dan relevan bagi para peserta, terutama dalam hal pengenalan pasar modal, cara kerja aplikasi IPOT, serta strategi investasi yang aman dan menguntungkan.
Pengurus GI BEI FEB UNISMA menjelaskan secara rinci tentang pentingnya memulai investasi sejak dini dan memberikan tips praktis bagi pemula yang ingin memulai investasi saham. Selain itu, sesi tanya jawab yang interaktif memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang topik-topik yang belum mereka pahami.
Sebelum berinvestasi, penting untuk melakukan riset dan memahami instrumen investasi yang dipilih. Banyak informasi tersedia melalui buku, artikel, atau kursus online yang dapat meningkatkan literasi investasi. Dengan adanya kegiatan edukasi ini, siswa-siswi SMAN 2 Kota Batu dapat lebih siap untuk membuat keputusan investasi yang bijaksana di masa depan dan membangun kebiasaan finansial yang sehat.
Kegiatan literasi keuangan dan inklusi di pasar modal ini memberikan siswa pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana pasar modal beroperasi dan keputusan investasi yang diambil oleh perusahaan dan investor. Ini juga memberikan mereka wawasan tentang dampak dari keputusan pasar dalam konteks dunia nyata. Kegiatan ini terbukti sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Pembelajaran berbasis pengalaman memungkinkan siswa untuk memahami konsep dengan cara yang lebih mendalam dan aplikatif dibandingkan hanya teori.
Dalam kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 siswa-siswi SMAN 2 Kota Batu. Tingginya antusiasme peserta tercermin dari banyaknya pertanyaan yang diajukan selama sesi tanya jawab. Salah satu pertanyaan yang muncul dari beberapa pelajar di SMAN 2 Kota Batu yakni "Apa yang membedakan investasi di Saham dengan Reksadana? apakah ada trik mengenai memilih saham yang bagus, serta saham apa yang cocok untuk dikalangan pelajar?". Ujar salah satu Siswa SMAN 2 Kota Batu. Kemudian pertanyaan tersebut dijawab dan dijelaskan sesuai dengan materi yang dipresentasikan oleh kelompok 2 anggota Galeri Investasi BEI FEB Unisma.
Kemudian anggota Galeri Investasi BEI FEB Unisma juga memberikan pertanyaan seputar investasi yang telah dipaparkan. "apa perbedaan saham syariah dengan saham konvensional?" Kata Niken Widya sebagai selaku anggota aktif Galeri Investasi kelompok 2 ksm-e. Dan banyak dari siswa-siswi yang ingin memberikan pendapatnya melalui pertayaan tersebut. Salah satunya adalah Siswi SMAN 2 Kota Batu yang memberikan pendapatnya.Â