Dalam dunia kerja, lingkungan kerja memiliki atmosfer yang berbeda-beda. Berkumpulnya orang dengan berbagai latar belakang, karakter, dan tujuan kerja yang berbeda membuat lingkungan kerja menjadi sangat dinamis dan fluktuatif. Terjal atau tidaknya jalan yang dilalui dalam pekerjaan juga ditentukan oleh orang-orang di lingkungan kerja, baik rekan sebaya, rekan lebih muda, hingga para atasan. Sebagai karyawan tentunya kita harus membangun hubungan yang baik kepada semua orang di lingkungan kerja kita.
Ketika anda dihadapkan dengan lingkungan kerja yang dinamis dan bervariasi, untuk menjadi karyawan yang berprestasi serta memiliki hubungan baik dengan semua orang di lingkungan kerja anda tentunya tidak mudah. Anda harus terus produktif dan mempertahankan kinerja yang tinggi di kantor serta harus tetap menjaga komunikasi yang baik antar rekan kerja. Maka dari itu, kita harus beradaptasi dengan baik. Beradaptasi menjadi sebuah keharusan baik kita sebagai karyawan yang baru ataupun sebagai karyawan senior yang berpengalaman. Karena zaman terus berkembang dan pemikiran manusia juga terus berkembang, kebiasaan sehari-hari pun bisa ikut berubah.
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian coba untuk menjadi pribadi yang berprestasi di kantor dan juga dapat dilakukan untuk beradaptasi di lingkungan kerja kalian.
1. Jujur dan bertanggung jawabÂ
Pada umumnya, atasan menyukai karyawan yang jujur dan bertanggung jawab. Bagi mereka, karyawan yang jujur dan penuh tanggung jawab merupakan hal yang sulit didapatkan. Oleh sebab itu, jika kamu mampu meyakinkan atasanmu bahwa kamu orang yang dapat dipercaya dan penuh tanggung jawab dalam bekerja, maka kamu bisa lebih dipercaya dan diandalkan untuk mengerjakan pekerjaan penting. Dan bukan hal yang tidak mungkin juga bila nanti dia akan menjadikanmu orang kepercayaannya di kantor.
2. Disiplin
Selain jujur dan penuh tanggung jawab, atasan juga menyukai karyawannya yang disiplin. Karyawan yang disiplin dalam bekerja, dinilai lebih menghargai waktu, pekerjaan dan perusahaannya daripada karyawan yang tidak disiplin. Selain itu, karyawan yang disiplin dinilai memiliki integritas yang tinggi daripada karyawan lainnya, sehingga gak jarang lho orang yang disiplin memiliki posisi yang tinggi dalam perusahaan.
3. Cepat tanggapÂ
Atasan juga menyukai karyawannya yang cepat tanggap dengan apa yang diperintahkannya. Ia tidak menyukai karyawan yang suka mencari-cari alasan untuk menunda pekerjaan jika mendapatkan tugas darinya. Dengan menjadi karyawan yang cepat tanggap dengan apa yang diperintahkan, maka atasanmu akan menilaimu sebagai karyawan yang berkualitas dan bisa diandalkan dalam memajukan perusahaan. Seorang atasan lebih menyukai karyawan yang tanggap dalam bekerja daripada yang hanya pandai menjilat saja.