Indonesia Emas 2045 merupakan sebuah gagasan untuk Indonesia di tahun 2045 yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, berkompeten, dan berdaya saing tinggi. Untuk mewujudkan Indonesia emas 2024 membutuhkan waktu jauh-jauh hari dan bisa dimulai dari sekarang.
Salah satu visi dari 4 Pilar Indonesia Emas 2045 adalah Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, hal ini bisa dilakukan dengan mengoptimalkan pendidikan untuk menciptakan SDM yang memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul. Gagasan Indonesia Emas 2045 ini merupakan sebuah tantangan bagi generasi muda masa kini untuk mewujudkannya.
Dalam pengoptimalan pendidikan, pemerintah bisa melakukannya dengan merancang kurikulum sekolah yang memiliki tujuan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, yang bisa menciptakan masyarakat yang berkualitas, berkompeten, berdaya saing tinggi, dan paham IPTEK.
Menurut Rusman (2009), kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta bahan yang digunakan  sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Pada masa ini, kurikulum yang sedang diterapkan adalah Kurikulum 2013 dan beberapa sekolah juga sudah menerapkan Kurikulum Merdeka, di mana Kurikulum Merdeka memang sudah dirancang untuk mewujudkan Indonesia Emas 2024.
Menurut KEMENDIKBUD, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal supaya peserta didik mampu mendalami konsep dan mengautkan kompetensi dirinya. Kurikulum Merdeka memiliki tujuan untuk membentuk profil pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kurikulum Merdeka memiliki konsep yang memerdekakan atau membebaskan siswa dalam memilih mata pelajaran dan pengembangan minat dan bakat secara mandiri untuk mengusahakan kesiapan lulusan sekolah dan perguruan tinggi agar siswa mampu menghadapi perekmbangan zaman yang semakin pesat. Dengan memberikan kebebasan pada siswa tersebut Kurikulum Merdeka bisa menciptakan masyarakat yang lebih beragam dan memiliki keterampilan yang berbeda-beda.
Kurikulum Merdeka bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 karena membantu menciptakan masyarakat yang berkualitas dan mandiri. Namun, perlu juga melakukan evaluasi terhadap Kurikulum Merdeka agar dapat terus beradaptasi dengan perubahan di dunia supaya bisa mewujudkan Indonesia Emas 2045.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H