Mohon tunggu...
nisrina aura
nisrina aura Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Media Trimatra untuk Pembelajaran Matematika Konsep Bangun Ruang

28 Oktober 2024   11:10 Diperbarui: 28 Oktober 2024   11:11 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1Nisrina Aura Andisa, 2Muhammad Nofan Zulfahmi

Matematika adalah salah satu bidang ilmu yang sangat penting, dan sangat penting untuk diajarkan mulai dari jenjang SD hingga perguruan tinggi. Matematika masih merupakan salah satu bidang yang selalu diujikan secara nasional, dari urutan SD hingga SMA. Matematika disebut sebagai pelajaran utama yang membutuhkan pendidikan untuk berpikir kritis. Siswa harus tahu bagaimana materi yang diberikan guru dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.(Hidayah, Mailani, Sitohang, & Dkk., 2024).

Pasal 37 dari Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) menyatakan bahwa "Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa di sekolah dasar dan menengah.", menunjukkan pentingnya matematika diajarkan di sekolah. Menurut hasil penelitian, pembelajaran matematika di sekolah dasar masih dianggap lemah. Karena guru masih menggunakan model konvensional saat mengajar matematika, siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran. Akibatnya, pemahaman matematis siswa dianggap rendah. Siswa tidak diberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah secara berkelompok atau sendiri dalam pelajaran matematika. Siswa hanya diberi kesempatan untuk memperhatikan guru saat mereka mengajar matematika di depan kelas.

Penggunaan media Trimatra dalam pembelajaran matematika konsep bangun ruang di sekolah dasar dapat meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan. Media Trimatra, yang mencakup model tiga dimensi dari berbagai bangun ruang seperti kubus, balok, dan prisma, memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan dan memanipulasi objek secara langsung. Hal ini membantu siswa memahami sifat-sifat dan hubungan antar bangun ruang dengan lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional yang hanya menggunakan gambar dua dimensi. Penggunaan media Trimatra dapat meningkatkan hasil belajar siswa (Ruhmana, Rulviana, & Retno, 2024).

Hologram 3 dimensi, membawa pemahaman peserta didik tentang konsep bangun ruang sisi datar ke tingkat yang lebih mendalam melalui representasi visual yang realistis. Tutor sebaya mengambil peran kunci dalam membantu peserta didik memahami bagaimana objek tiga dimensi dapat diwakili dalam bentuk dua dimensi, hologram 3 dimensi, membawa pemahaman peserta didik tentang konsep bangun ruang sisi datar ke tingkat yang lebih mendalam melalui representasi visual yang realistis. Tutor sebaya mengambil peran kunci dalam membantu peserta didik memahami bagaimana objek tiga dimensi dapat diwakili dalam bentuk dua dimensi, membimbing peserta didik dengan cara yang membuat konsep geometri lebih dapat dicerna. Guru menggunakan teknologi ini untuk memperlihatkan konsep-konsep matematika yang kompleks kepada peserta didik. Pelajaran bangun ruang, tutor sebaya berfungsi sebagai pemandu yang mahir, membimbing pesert didik dalam memanipulasi objek-objek tiga dimensi dan memvisualisasikan sisi datar dari bangun ruang, menjelaskan setiap konsep matematika  (Kaharuddin, Arsyad, & Asdar, 2023).

Media Trimatra juga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran matematika menggunakan model tiga dimensi, siswa lebih tertarik dan terlibat aktif dalam kegiatan belajar, yang pada gilirannya meningkatkan retensi dan pemahaman konsep matematika. Penggunaan media Trimatra dalam pembelajaran matematika tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep tetapi juga keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Integrasi media Trimatra dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar merupakan langkah yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa (Sholihatun, Misdalani, & Jumroh, 2021).

 

DAFTAR PUSTAKA

Hidayah, S., Mailani, E., Sitohang, R., & Dkk. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Luas Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Augmented Reality berbantuan Unity 3D Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, Vol. 4 (5), 95-111.

Kaharuddin, A., Arsyad, N., & Asdar. (2023). MEDIA HOLOGRAM 3 DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI. Makassar: Chakti Pustaka Indonesia.

Ruhmana, R. T., Rulviana, V., & Retno, R. S. (2024). Penggunaan Media Bangun Ruang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun