Mohon tunggu...
Nisha Apriani
Nisha Apriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Peran Inovasi Produk Dalam Pengembangan Bisnis UMKM Keripik Tempe Bersama Mahasiswi UNIDA Gontor

25 Maret 2024   11:00 Diperbarui: 25 Maret 2024   11:03 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kemasan Keripik Tempe 

10 hari menjelang Ramadhan UNIDA Gontor mengirimkan pasukan peserta KKN di berbagai penjuru desa yang ada di kecamatan Jogorogo. Kegiatan KKN akan berlangsung hingga pada tanggal 27 Maret 2024. Adapun kegiatan UMKM peserta KKN kelompok 19 yang berlokasi di Dusun Sanan Kecamatan Macanan bertepatan pada hari Selasa, 19 Maret 2024.

Inovasi produk telah menjadi kunci utama dalam mengembangkan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama dalam konteks industri makanan ringan seperti keripik tempe. Dalam mengejar ketangguhan pasar dan memenuhi tuntutan konsumen yang semakin beragam, UMKM Keripik Tempe harus terus mengadopsi inovasi dalam produk mereka.

Dalam mewujudkan inovasi dalam industri UMKM keripik tempe yang bertempat di Dusun Sanan 05/03 Desa Macanan, berbagai pihak memiliki peran yang penting. Pertama-tama, pengusaha UMKM Keripik Tempe sendiri yaitu Ibu Nurul yang memiliki peran utama dalam memperkenalkan, mengimplementasikan, dan mengelola inovasi produk. Mereka bertanggung jawab untuk mengidentifikasi peluang inovasi, merancang dan mengembangkan produk baru, serta menjalankan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saing bisnis mereka.

Menggoreng Keripik Tempe
Menggoreng Keripik Tempe
Selain itu, keterlibatan mahasiswa UNIDA Gontor juga sangat penting dalam mewujudkan inovasi ini. Mahasiswa tidak hanya menjadi sumber ide segar dan perspektif baru, tetapi juga aktor utama dalam mengidentifikasi kebutuhan pasar, melakukan riset, dan memberikan umpan balik yang berharga dalam pengembangan produk. Dengan kreativitas dan pengetahuan yang dimiliki, mahasiswa turut berperan dalam merangsang terciptanya inovasi baru dalam bisnis UMKM Keripik Tempe. Adapun bentuk inovasi produk yang telah diterapkan dalam pengembangan bisnis UMKM Keripik Tempe ialah adanya kebaharuan kemasan keripik tempe tersebut.

Logo Kemasan
Logo Kemasan
Proses inovasi produk juga dapat memperkuat citra merek dan reputasi UMKM Keripik Tempe. Dengan menunjukkan komitmen pada kualitas, inovasi, dan keunggulan produk, UMKM dapat membangun kepercayaan pelanggan dan reputasi yang kuat di pasar. Ini memberikan fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan jangka panjang dan keberhasilan bisnis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun