Mohon tunggu...
Khairunisa Maslichul
Khairunisa Maslichul Mohon Tunggu... Dosen - Profesional

Improve the reality, Lower the expectation, Bogor - Jakarta - Tangerang Twitter dan IG @nisamasan Facebook: Khairunisa Maslichul https://nisamasan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Sisa Sahur untuk Berbuka Patut Dicoba

26 April 2021   22:34 Diperbarui: 26 April 2021   23:20 1038
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Yuk manfaatkan sisa sahur jadi menu berbuka yang sama lezatnya (Ilustrasi: tamworth.nsw.gov.au)

Ramadan 2021 ini sudah memasuki pekan kedua. Bagaimana sahur dan berbuka Anda?Saya yakin, urusan berbuka (relatif) lebih lancar karena memang itu yang dinanti-nantikan seharian. Tapi, lain ceritanya dengan acara makan sahur.

Pasti ada saja di antara kita yang pernah tak sempat sahur karena bangun sudah adzan Shubuh. Bisa juga, sudah terbangun dan sahur lebih awal namun tak semua hidangan bisa dihabiskan.

Saya termasuk tipe kedua saat sahur. Bangun bisa sekitar pukul 2 dini hari lalu bersiap sahur dilanjutkan dengan sahur selama sekitar 1-2 jam berikutnya.

Nah, tak jarang perut saya sudah kenyang sehingga ada makanan sahur yang tersisa. Solusinya, saya simpan ke dalam kulkas agar tak lekas basi.

Tapi, kan tak mungkin juga ya kalau sisa sahur itu disimpan lama-lama di kulkas. Namun, kalau dimakan lagi untuk buka, kok bosan juga ya rasanya?

Pastinya opsi membuang sisa sahur itu jauh-jauh saya enyahkan dari pikiran #lovefood. Bagaimanapun juga, sisa sahur itu harus dihabiskan #hatefoodwaste.

Saya pun memutar otak untuk mengolah makanan dan juga minuman sisa sahur tersebut. Syukur Alhamdhulillah, ada juga resep untuk menyiasatinya.

Inilah dua resep masakan sisa sahur yang kemudian saya manfaatkan sebagai menu berbuka puasa. Keduanya yaitu "Roti Bakar Omelet dan Susu Kurma Coklat."

Kreasi Masakan dari Sisa Sahur

Telur adalah bahan makanan yang praktis untuk sahur. Cukup digoreng atau direbus, kita sudah bisa menyantapnya.

Satu waktu, saya menggoreng agak banyak telur dadar (omelet) untuk sahur. Alhasil, masih ada beberapa iris omelet tersisa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun