Hari raya keagamaan identik dengan bingkisan. Tak heran, bisnis parsel saat Idul Fitri rutin berjalan. Di hari Lebaran, pemberian dari dan ke sanak saudara dan handai taulan semakin dinantikan.
Umumnya kado Lebaran berupa busana muslim atau paket sembako. Banyak pula orang yang membelikan bingkisan Idul Fitri berupa kue dan masakan. Apapun bentuknya, kita perlu berbelanja terlebih dahulu sebelum menghadiahkannya.
Sebelum pandemi COVID-19, pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern (mall) dipenuhi para konsumen saat Ramadan. Selain untuk diri sendiri, mereka juga berbelanja untuk kado Lebaran yang nantinya dibagi-bagikan.
Nah, Ramadan tahun 2020 ini, belanja online (akan) lebih jadi pilihan. Â Namun tak tertutup kemungkinan, masih ada orang yang ingin berbelanja langsung ke toko/offline. Berikut ini 5 (lima) hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kita berbelanja secara online maupun offline
1. Product (Jenis kado)
Ada produk yang lebih pas saat dibeli offline seperti bahan pangan segar, termasuk parsel buah. Kita bisa mengetahui kualitas buah tersebut saat memegangnya. Kado Lebaran berupa kue-kue basah (bolu, cake) juga lebih tepat saat dibeli langsung ke toko bakery ketika kualitasnya masih "fresh from the oven."
Untuk belanja online, bingkisan Idul Fitri yang tepat antara lain busana muslim, kue-kue kering, dan makanan kalengan/kemasan. Jenis produk tersebut kualitasnya (relatif) sudah standar sesuai bahan baku dan harganya. Buku-buku agama dan kitab suci (Al-Qur'an) untuk hadiah Lebaran juga bisa dibeli online.
2. Price (Harga kado)
Harga yang dimaksud di sini sudah termasuk biaya transport (offline) maupun ongkos kirim (online). Misalnya, ada mukena yang murah harganya secara online tapi ongkos kirimnya mahal. Di lain sisi, di toko sekitar kita, mukena serupa dijual lebih mahal namun minim biaya karena bisa dibeli dalam waktu singkat.
Jumlah produk yang dibeli juga akan menentukan nominal. Belanja satuan akan lebih mahal daripada lusinan per itemnya. Bandingkan dulu harga barang yang sama jika dibeli secara online ataupun offline.
3. Place (Lokasi)