Pada era sekarang ini, berbelanja online merupakan suatu hal yang tidak lagi umum bagi banyak orang di Indonesia. Dalam berbelanja online pun bisa dilakukan di mana dan waktu kapan saja. Ungkapan serba praktis dan cepat memang cocok  diberikan pada belanja online. Perkembangan belanja online di Indonesia pun semakin meningkat. Berikut merupakan data  mengenai transaksi E-Commerce di Indonesia (Databoks.katadata.co.id, 2016), sebagai berikut:
Pada gambar 1.1 menunjukkan dari tahun ke tahun pada transaksi E-Commerce di Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan. Ini menunjukkan bahwa di Indonesia, E-Commerce begitu banyak diakses dan diminati. Berbagai macam barang dan hal lainnya dijual pada E-Commerce ini, seperti pakaian, makanan, minuman, perlengkapan rumah tangga, produk perawatan kecantikan (skincare) dan banyak produk lainnya.
Perkembangan Skincare di Indonesia
Pada era globalisasi ini pengunaan produk perawatan kecantikan (skincare) di Indonesia juga mulai mengalami peningkatan yang signifikan.  Produk perawatan  kecantikan (skincare)  turut pula begitu diminati khususnya bagi  para perempuan di Indonesia guna mendapatkan muka yang sehat dan bersih. Bertambahnya jiwa di Indonesia maka bertambah banyak pula kebutuhan untuk pemakaian produk perawatan kecantikan (skincare).Â
Skincare pada umumnya digunakan untuk membantu kulit pada wajah terhindar dari kotoran, debu ataupun penuaan dini. Berbagai macam produk perawatan kecantikan (Skincare) terdapat di seluruh Indonesia. Umumnya produk perawatan kecantikan (Skincare) memiliki rangkaian prosedur pemakaian yang terbilang cukup banyak.Â
Prosedur pertama merupakan cleansing, prosedur kedua ada toner. selanjutnya adalah serum, diikuti pelembab, serta sunscreen atau tabir surya. Banyaknya prosedur tersebut membuat harga pada Skincare menjadi mahal. Di Indonesia memiliki berbagai macam perusahaan yang menyediakan produk perawatan kecantikan (skincare) seperti Wardah, Purbasari, Sariayu, Mustika Ratu, dan Viva. Produk asal Indonesia tersebut dari segi kualitas tidak kalah bagus dengan produk dari luar negeri. Â
Berdasarkan pada data dari Asosiasi Digital Marketing Indonesia mengenai produk kecantikan terlaris di E-commerce tahun 2020 menunjukan bahwa produk kecantikan asal Indonesia yaitu Wardah menduduki peringkat tertinggi. Pada posisi kedua diikuti oleh Nature Republic yang merupakan produk asal Korea Selatan.Â
Hal ini membuktikan bahwa kedua produk ini lebih di minati oleh masyarakat Indonesia. Namun jika melihat kepada impor produk komestik yang dilakukan Indonesia pada tahun 2017-2018 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) masih terbilang cukup tinggi. Maka dari ini perlunya memahami niat wanita dalam membeli produk halal yang ada di Indonesia.
Jadi apakah kamu merupakan peminat skincare halal dari Indonesia? Mengapa demikian?