Halo, bagaimana kabarmu, dan bagaiamana harimu. Semoga selalu menyenangkan ya!Â
Boleh aku bertanya sedikit? hm... kira-kira apa pencapaian terbesarmu di tahun 2024 ini dan seberapa banyak kegagalannya?. Banyak yang merasa bahwa tahun 2024 adalah salah satu tahun terbaik yang pernah dijalani, karena mereka berhasil menyelesaikan plan terbaik yang mereka tulis untuk tahun 2024. Namun tidak sedikit juga yang justru planningnya hanya sebatas wacana saja (alias tidak dijalani). Hayo, siapa disini yang merasa kalau selama tahun 2024 banyak plan yang tidak terjalani dan merasa tidak melakukan apa-apa?. Sepertinya dibalik plan yang gagal terjalani pasti ada alasannya. Kira-kira apa alasanmu? apakah karena kamu malas mengerjakannya, apa ada hal lebih penting yang harus dijalani dibandingkan plan tersebut, atau justru merasa karena plannya tidak tersusun (kebanyakan plan) yang berujung bingung mau dimulai darimana untuk mengerjakannya?. It's okay gais, You have done very well in 2024. Berhubung sebentar lagi tahun 2025, yuk ciptakan 2025 versi terbaik dari dirimu! Buat plan sesukamu dan tata dengan rapih agar kamu tidak bingung lagi dalam menerapkannya. Nah, topik kali ini aku mau share beberapa tips agar planmu tersusun dengan rapi dan kamu bisa mengatur waktu untuk planmu. Simak tipsnya dibawah ya!
Btw to do list ini bebas ya, sesukamu untuk membuatnya dimanapun (buku, notes app, spreedsheet, dan lainnya). Tapi aku lebih menyarankan untuk membuat To Do List di google spreedshet atau aplikasi to do list. Mengapa seperti itu? karena, membuat to do list di spredsheet atau aplikasi khusus to do list punya banyak fitur yang menarik yang membantu kamu dalam memudahkan pelaksanaannya. Beberapa contoh fiturnya ialah fitur skala perioritas, tingkat kesulitan, tanggal mulai dan tenggat, lokasi pengerjaan, hingga grafik dashboard. Nah fitur-fitur ini menurutku sangat efisien dalam membantu, menentukan perencanaan, dan pelaksanaan. Hal ini dikarenakan kita mengetahui skala prioritas, level kesulitan, hingga kepentingan. Jadi, nantinya kamu akan fokus pada hal-hal yang mendesak dan penting serta tidak akan bingung lagi mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.Â
2. Â Stay Flexible
Setelah perencanaan cukup matang, kamu perlu menyiapkan plan cadangan guna meminimalisir kekacauan plan. Karena terkadang ada saja hal tak terduga yang terkadang muncul tak diundang. Jadi, ketika suatu plan (anggaplah plan A) tidak berjalan lancar atau tidak sesuai dengan yang kamu mau, maka kamu tidak terlalu stress karena memikirkan plan A secara terus-terusan. Â Melainkan kamu akan mengganti plan A ke plan selanjutnya (Plan B) yang sudah kamu rencanakan.Â
3. Evaluasi Kegiatan Secara Rutin
Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi plan dan kinerjamu perminggu atau perbulan. Tujuannya agar kamu bisa mengetahui seberapa persen planmu berjalan dengan lancar dan baik. Jika ada plan yang tidak lancar, langkah seperti apa yang akan kamu ambil dan fikirkan apa saja yang harus diperbaiki
4. Â Jaga keseimbangan Tubuh
Jangan lupa untuk selalu menyisipkan waktu istirahat. Tujuannya agar tubuh dan pikiranmu tetap segar. Produktivitasmu akan lebih maksimal jika kamu menyayangi tubuh serta tidak memaksakan diri.