CO Author : Dea Mustika,S.Pd., M.Pd.
deamustika@edu.uir.ac.id
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau
e-mail:
 1. alyssaputriamanda@student.uir.ac.id Â
2. gracenataliadamanik@student.uir.ac.id Â
3. jumaidasartika@student.uir.ac.id Â
4. mekajesykavia@student.uir.ac.id Â
5. nisakhairunnisa@student.uir.ac.idÂ
ABSTRAK
Pembelajaran diferensiasi merupakan strategi pendidikan yang memberikan perhatian pada kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa yang beragam. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui metode studi literatur. Berdasarkan penelitian sebelumnya, pembelajaran diferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan dengan menyesuaikan aspek proses, konten, dan produk pembelajaran. Artikel ini juga membahas tantangan dan strategi yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pembelajaran diferensiasi.
Kata Kunci: Pembelajaran Diferensiasi, Hasil Belajar, Sekolah Dasar, Strategi Pendidikan