Di era revolusi industri 4.0, keterampilan teknologi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan masa depan. Kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan logis kini menjadi kebutuhan dasar bagi generasi muda agar dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman yang serba digital. Namun, pengajaran teknologi, khususnya pemrograman, sering kali dianggap rumit dan membosankan oleh banyak siswa.
Untuk menjawab tantangan ini, hadir sebuah solusi inovatif berupa modul ajar robotika berbasis LEGO EV3 Mindstorms. Modul ini dirancang khusus untuk siswa SMP dan setara, menggabungkan pemrograman dasar dengan pendekatan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan relevan dengan dunia nyata. Tidak hanya memperkenalkan teknologi, modul ini juga mendorong siswa untuk belajar sambil bermain, mengasah kreativitas, serta memahami bagaimana teknologi dapat menjadi alat untuk memecahkan masalah.
Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran
Melalui modul ini, siswa diajarkan untuk memahami fungsi code block display, sound, dan events pada perangkat lunak EV3 Classroom. Dengan panduan langkah-langkah yang sistematis, siswa tidak hanya belajar mengoperasikan menu tersebut, tetapi juga diarahkan untuk menyusun algoritma dan membuat program robotika sederhana. Program ini mencakup penggunaan variabel dan pengulangan untuk mengontrol robot Lego Mindstorms EV3, yang membantu mengoptimalkan fungsinya.
Profil Pelajar Pancasila sebagai Landasan Utama
Selain meningkatkan kompetensi teknologi, modul ini juga dirancang untuk membangun karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Dalam proses pembelajaran, siswa dilatih untuk:
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui doa sebelum dan sesudah pembelajaran.
- Mengembangkan sikap kritis melalui analisis dan evaluasi program robotika.
- Menumbuhkan kemandirian dengan belajar secara mandiri dan mempresentasikan hasil kerja mereka.
- Mengasah kreativitas dalam menjawab tantangan pemrograman.
- Meningkatkan gotong royong melalui diskusi kelompok dan kerja sama tim.
Mendorong Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan
Dengan sumber belajar yang beragam seperti software EV3 Classroom, internet, dan media interaktif seperti PowerPoint, modul ini memaksimalkan sarana pembelajaran berbasis teknologi. Para siswa juga dilibatkan dalam proyek akhir yang menjadi kesempatan untuk mengaplikasikan keterampilan mereka secara nyata, menciptakan robot yang dapat berinteraksi dengan lingkungannya melalui suara, tampilan visual, dan sensor.
Harapannya modul ini dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lain dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran.Â
Modul Ajar Robotika Fase D untuk PKBM
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H