Mohon tunggu...
Nisaa Aulia Putri
Nisaa Aulia Putri Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

stay gold

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Belajar Filsafat

1 Februari 2021   12:46 Diperbarui: 1 Februari 2021   12:52 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Assalammu'alaikum wr.wb

Hai Sobat lama tak berjumpa. Bagaimana kabarnya? Semoga kalian sedang dalam keadaan sehat dan wal'afiat.Tulisan kali ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Filsafat. Disini saya ingin menceritakan  pengalaman saya mengenal atau belajar filsafat.

Perkenalkan nama saya Nisaa Aulia Putri Waluyo dari Bekasi, Jawa Barat. Saya adalah salah satu mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Fakultas Ekonomi dan Bisnis prodi Manajemen yang saat ini sedang menempuh semester 1.

Pelajaran filsafat ini bagi saya adalah pertamakalinya mengenal di perkuliahan. Semasa SMK dahulu tidak ada pelajaran mengenai filsafat. Jujur saya kaget karena, di jurusan saya saat ini ternyata mendapatkan mata kuliah filsafat ini. Saya mengira filsafat hanya berada jurusan lain. 

Sebenarnya saya kurang menyukai mata kuliah filsafat ini, dikarenakan beberapa  materi -- materinya sulit dipahami, bahasa asing yang begitu banyak,  serta butuh konsentrasi yang cukup tinggi agar dapat mengikuti materi tersebut. Saya juga seringkali mendengar rumor jikalau kita memperlajari filsafat, maka akan tim dalam dari  atheis, Dan katanya banyak orang yang belajar filsafat dia bisa menjadi gila, ada juga yang sampai keluar dari agamanya.

Walaupun saya kurang menyukai mata kuliah ini dan menalami kendala memahami materinya, saya tetap mengikuti perkuliahan ini. Mata kuliah filsafat ini diadakan setiap seminggu sekali pertemuan bisa berupa Zoom hingga diskusi. Dosen mata kuliah filsafat  saya sangatlah baik dan sabar ketika menghadapi mahasiswa yang kurang mengerti. Kita juga dapat menanyakan apabila masing kurang mengerti di materi-materi tertentu. Beliau akan menjelaskan hingga mahasiswa tersebut mengerti.

Pada awal pertemuan mata kuliah ini kami tidak langsung membahas materi. Melainkan perkenalan terlebih dahulu melalui via zoom serta diperkenalkan oleh beliau apasih itu ilmu filsafat? Dan mengapa harus mempelajari ilmu itu. Filasafat  berasal dari kata Yunani filosofia dari rangkaian kata filein artinya cinta dan sofia artinya kebijaksanaan. Jadi, filsafat artinya cinta akan kebijaksanaan. Filsuf artinya pencinta kebijaksanaan. 

Lalu, ada Hakikat Filsafat : Filsafat Berawal Dan Berakhir Dengan Pertanyaan. Cara Berfikir Filsafat,  Bidang Kajian Filsafat, Etika sebagai Cabang Filsafat, Peta Filsafat, Definisi Filsafat berdasar Watak & Fungsi (Titus, dkk), Ciri-ciri Berpikir Filsafat, Kedudukan Filsafat Dasar/Pengantar, Hubungan antara Filsafat Dan Ideologi, Perbedaan antara Filsafat & Ideologi, Filsafat, Ideologi, dan Agama, , Manfaat Filsafat bagi Agama. Itu semua adalah materi bab 1 yang dibahas pada pertemuan kedua. Ketika Uts bab materi yang diujikan tidak jauh dari yang sduah diajarkan.

Setelah saya mempelajari atau menyelesaikan mata kuliah filsafat ini adapun,  manfaat yang saya dapat :

- Terbiasa untuk bersikap kritis menghadapi permasalahan yang ada.

- Terbiasa diri untuk bersikap logis-rasional opini & argumentasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun