Nirwana(2022A1H097)Â
Abstrack
This study aims to determine the importance of guidance and counseling services in elementary
schools to the development of students. The type of research is qualitative using interview
instruments. The subjects of this study were four elementary school class teachers. The results
of the study show that: (1) Guidance and counseling services are felt to be important and needed
to be applied to elementary schools which are played by the counseling teacher directly to help
carry out their developmental tasks, help solve problems/obstacles experienced so that students
can grow as individuals with all their needs, can actualize himself, develop their talents and
interests as well as all their potential. (2) Class teachers still have a role as guidance and
counseling teachers and need to continue to improve their insights and skills in accompanying
and recognizing the characteristics of the needs of students in their class. (3) There are still
many problems/obstacles that occur in elementary schools, so collaboration is urgently needed
from class teachers, guidance counselors, parents to assist, and guide students in completing
developmental tasks properly.
Keywords: Counseling Services; Elementary School; Development of Students.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya layanan bimbingan konseling di sekolah
dasar terhadap perkembangan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan
instrumen wawancara. Subjek penelitian ini adalah empat orang guru kelas sekolah dasar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sangat dirasakan penting dan dibutuhkan layanan bimbingan
konseling diterapkan pada sekolah dasar yang diperankan oleh guru BK secara langsung untuk
membantu melaksanakan tugas perkembangannya, membantu menyelesaikan masalah/hambatan
yang dialami agar peserta didik dapat bertumbuh sebagai pribadi dengan segala kebutuhannya,
dapat mengaktualisasikan dirinya, mengembangkan bakat minatnya serta seluruh potensi yang
dimiliki (2) Guru kelas tetap memiliki peran sebagai guru bimbingan konseling dan perlu terus
meningkatkan wawasan serta keterampilannya dalam mendampingi dan mengenali karakteristik
kebutuhan peserta didik di kelasnya. (3) Masih banyak masalah/hambatan yang terjadi di sekolah
dasar, maka sangat dibutuhkan kolaborasi dari pihak guru kelas, guru BK, maupun orang tua
untuk mendampingi, membimbing peserta didik dalam menuntaskan tugas-tugas perkembangan
dengan baik.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Konseling; Sekolah Dasar; Perkembangan Peserta Didik.
PENDAHULUAN
Pendidikan di jenjang dasar adalah
suatu bentuk usaha untuk mencerdaskan
dan mencetak penerus bangsa yang ideal
sesuai harapan. Seperti yang kita ketahui
fondasi dari kemajuan suatu bangsa adalah
dengan pendidikan yang berkualitas.
Pendidikan yang berkualitas sangat