Mohon tunggu...
Nira Nawastiti
Nira Nawastiti Mohon Tunggu... Guru - Guru/SMP Hasbunallah

Hobi saya belajar hal baru untuk menambah kompetensi saya di dalam dunia pendidikan. Saya berprofesi sebagai guru. Guru bagi saya adalah salah satu perkejaan yang mempunyai hubungan dengan salah satu alaman yang akan terhitung di akhiran yaitu ilmu yang bermanfaat yang mana tugas guru adalah mengajar, memberikan ilmu bermanfaat yang diharapkan ilmu tersebut akan keberlanjutan diterapkan dan dimanfaatkan peserta didik sehingga menjadi salah satu cabang pahala yang diridoi. Konten yang insyaalloh akan diupdate adalah berkaitan dengan pendidikan dan matematika.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menghitung Diagonal pada Benda Segi Empat di Sekitar Sekolah Menggunakan Teorema Pythagoras

24 Januari 2023   12:53 Diperbarui: 25 Januari 2023   12:22 704
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menghitung diagonal sisi pada benda segi empat di sekitar sekolah dapat menggunakan teorema pythagoras. Teorema pythagoras berisi tentang hubungan di antara tiga sisi pada sebuah segitiga siku-siku. Artikel ini memberikan pemaparan mengenai implementasi dari rencana pelaksanaan pembelajaran matematika materi teorema pythagoras pembelajaran kontekstual menggunakan model discovery learning metode diskusi dengan tujuan pembelajaran menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata pada bangun datar yang berkaitan dengan penerapan teorema pythagoras. 

Kegiatan awal, guru memberi salam dan murid menjawab salam, guru menanyakan ada yang tidak hadir dan ketua kelas melaporkan kehadiran, guru memberikan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran pertemuan sebelumnya dengan pertemuan sekarang yang akan dipelajari dan memberikan motivasi dengan menjelaskan tujuan pembelajaran, murid memperhatikan penjelasan apersepsi dan terlibat dalam motivasi. 

Guru memberikan stimulus dengan memberikan pengantar murid  dengan mencontohkan hal-hal disekeliling kelas bahkan sekolah yang terkait dengan materi sekarang yaitu penerapan teorema pythagoras yang akan dipelajari dan murid terlibat dalam stimulus. 

Kegiatan inti, guru menjelaskan sistematika pembelajaran yaitu murid menyiapkan buku, alat tulis dan penggaris/meteran murid berkumpul secara berkelompok, perwakilan kelompok maju untuk hompimpa dan yang keluar duluan bisa memilih terlebih dahulu benda segi empat di sekitar sekolah, mengukur panjang dan lebar benda tersebut, menghitung diagonal pada benda tersebut dengan teorema pythagoras, setelah selesai, setiap murid membuat laporan dengan membuat cerita yang didalam ceritanya terdapat penjabaran pelapor dan anggota kelompok; 

Menuliskan nama benda; menuliskan ukuran panjang dan lebar; menggambar ilustrasi benda segi empat yang dipilih; menuliskan pertanyaan; menuliskan cara untuk mendapatkan diagonal tersebut; menuliskan kesimpulan. Murid menyimak dan bertanya jika terdapat hal yang tidak dimengerti pada penjelasan sistematika pembelajaran oleh guru. Kegiatan inti memberikan bantuan secara klasikal melalui pemberian scaffolding (bila diperlukan).

Objek Kursi
Objek Kursi

Kegiatan inti, murid mengidentifikasi permasalahan dengan mengidentifikasi benda sengi empat yang dipilih dengan cara mengukur panjang dan lebar menggunakan penggaris,  murid mengumpulkan data dengan menuliskan ukuran panjang dan lebar benda tersebut, mengolah data dengan menghitung diagonal pada benda segi empat tersebut, verifikasi dengan mengecek kembali cara dan jawaban yang sudah didapatkan, kesimpulan dengan membuat kesimpulan dari hasil yang sudah didapatkan.

Objek Batu Bata
Objek Batu Bata

Kegiatan akhirnya murid mengumpulkan laporan permurid, guru bertanya terkait kesimpulan, murid menyimpulkan materi, guru memberikan penjelasan untuk pertemuan berikutnya, murid menyimak sambil menyiapkan pelajaran selanjutnya.

Sakah Satu Penyelesaian Murid
Sakah Satu Penyelesaian Murid

Berikut adalah pemaparan mengenai rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada praktiknya, pembelajaran dapat dilaksanakan dengan semestinya. Pada bagian penjabaran sistematika pembelajaran, murid bertanya kepada guru dengan meminta tolong mencontohkan contoh cerita dan apa yang harus diukur dan bagaimana caranya. Guru memberikan contoh cerita dengan memberitahu bahwa contoh terbut dimodifikasi untuk disesuaikan sesuai dengan permasalahan pada kelompok dan dianjurkan sekreatif mungkin untuk membuat ceritanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun