Dalam mengembangkan sebuah ide bisnis, tentu diperlukan kesiapan dan persiapan dari berbagai segi dan yang tak kalah penting adalah pemasaran suatu produk. Pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan dan masyarakat umum. Nantinya, dalam pemasaran ini dapat mengetahui bagaimana cara agar sebuah produk dapat diterima oleh pasar. Dunia bisnis yang kompetitif, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan. Pemasaran bukan hanya tentang menjual produk, tetapi juga tentang membangun hubungan dengan pelanggan, menciptakan nilai dan membedakan diri dari pesaing. Sebagai produk baru, tentu strategi pemasaran yang inovatif sangat dibutuhkan agar nantinya produk tersebut dapat dikenal oleh masyarakat dan dapat meguasai pasar konsumen.Â
        Nawala Moon adalah ide bisnis yang dikembangkan oleh anak muda dengan memperhatikan Keberlangsungan Pembangunan atau SDGs kategori nomor 09 yaitu Industri, Inovasi dan Infrastruktur. Inovasi dalam strategi pemasaran seperti pemanfaatan teknilogi digital dapat mendukung industrialisasi dan pertumbuhan infrastruktur. Dalam perkembangan ide bisnis ini, perlu adanya pemasaran yang inovatif agar Nawala Moon ini dapat dikenal oleh masyarakat luas. Strategi ini dapat sebagai acuan untuk produk-produk baru dalam melakukan pemasaran.Â
Bagiamana sih strategi pemasaran yang inovatif dan efektif di masa sekarang?
        Pertama, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih serta peran media sosial yang kuat dapat menjadi strategi pemasaran yang inovatif. Media sosial sendiri tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk komunikasi, tetapi juga dapat menjadi strategi pemasaran yang inovatif, terbukti dengan engagement yang diberikan oleh media sosial. Konten-konten yang inovatif, edukatif serta kreatif yang menjelaskan sebuah produk dengan kemasan yang unik dapat menarik konsumen. Endorsement juga menjadi salah satu strategi yang cukup bagus untuk pengembangan sebuah produk. Sebagai produk yang baru dengan pendapatan yang masih minim dapat menyiasati endorsement dengan bantuan teman atau relasi yang memiliki follower cukup banyak. Dengan begitu, produk dapat dikenal setidaknya oleh followers sehingga dengan seiring berjalannya waktu produk dapat tersebar luas dari mulut ke mulut hingga peminat akan meningkat dan produsen dapat mencari endorsement untuk meningkatkan daya tarik masyarakat. Tidak hanya itu, pemberian membercard pada konsumen merupakan strategi pemasaran yang menarik untuk membangun kesetiaan para pelanggan agar merasa diistimewakan sehingga sering melakukan pembelian.Â
        Kedua, produsen sebelum memulai usaha harus melihat dan mengenali target pasar dengan melihat apa yang sedang diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, produsen juga harus memperhatikan manfaat yang terkandung pada produk tersebut. Dengan mengenali pasar serta target terlebih dahulu dapat membantu produsen dalam menentukan strategi pemasaran. Pada produk Nawala Moon ini memiliki target pasar pada kalangan muda hingga dewasa karena termasuk camilan manis. Konsumen tidak perlu takut dengan makanan manis, Nawala Moon menyediakan tepung pengganti yaitu tepung mocaf yang bebas gluten serta kaya akan serat dan kalsium sehingga aman dikonsumsi.Â
        Ketiga, pemilihan tempat juga menjadi peluang dalam keberhasilan pemasaran. Tempat yang strategis seperti dekat dengan sekolah, kampus, perkotaan dan tempat wisata menjadi pertimbangan dalam pendirian tenant booth.Â
        Pengembangkan ide bisnis Nawala Moon yang merupakan produk baru, diperlukan strategi pemasaran yang inovatif agar produk ini dapat dikenal dan diterima oleh masyarakat luas. Strategi pemasaran yang termasuk yakni memanfaatkan media sosial dengan cara membuat konten yang kreatif, edukatif dan inovatif, melakukan endorsement melalui influencer/selebgram, serta memberikan membercard untuk membangun loyalitas pelanggan. Selanjutnya, memahami target pasar dengan mengidentifikasi target pasar yang tepat yaitu pada kalangan muda hingga dewasa dan menekankan keunggulan produk seperti bebas gluten, kaya serat dan kalsium. Pemilihan tempat yang strategis juga menjadi peluang dalam keberhasilan pemasaran. Strategi ini menggabungkan pendekatan digital melalui media sosial dengan membangun hubungan langsung dengan konsumen. Memahami target pasar dan menyoroti keunggulan produk juga penting agar pemasaran lebih efektif dalam memperkenalkan produk baru Nawala Moon atau produk-produk baru lainnya.Â
Dosen Pembimbing : Dewi Deniaty S, S.E., M.M.
Penulis : Ninit Agus Ramadhani, Fiola Haliza Putri Rosniar, Evita Peron SilalahiÂ
#SDGs09upnvjt #sdg09upnvjt #strategipemasaran