Mohon tunggu...
Nisrina Cahyani
Nisrina Cahyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY

Nisrina Cahyani Putri, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ide Kreatif Branding oleh Mahasiswa KKN IT UMY dalam Membentuk Citra Bumdes

22 Februari 2021   21:05 Diperbarui: 22 Februari 2021   21:19 396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Badan Usaha Milik Desa atau yang lebih sering disingkat Bumdes merupakan suatu lembaga atau institusi yang mempunyai peran penting dalam upaya pembangunan desa. Perkembangan desa bergantung pada pengelolaan Bumdes di desa tersebut, karena Bumdes mempunyai peran yang besar dalam pendapatan desa. Namun, masih banyaknya Bumdes di Indonesia yang masih kurang aktif serta adanya kondisi sepi pengunjung Bumdes. Hal itu disebabkan salah satunya oleh kurangnya minat masyarakat setempat untuk berkunjung ke Bumdes karena masih minimnya informasi-informasi layanan Bumdes. Sehingga diperlukannya suatu kegiatan branding guna membentuk citra Bumdes di kalangan masyarakat setempat.

Seperti yang dialami oleh Bumdes Binangun Mekar Asri yang bergerak di bidang jasa simpan pinjam dan penyewaan barang, dimana bumdes tersebut masih mengalami kesulitan dalam menarik minat nasabah untuk melakukan kegiatan simpan pinjam maupun sewa barang di bumdes tersebut. Permasalahan tersebut kemudian dilakukan analisis tempat oleh tim KKN IT 004 UMY dengan melakukan kunjungan ke Bumdes Binangun Mekar Asri yang Berada di Kalurahan Bendungan, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Setelah melakukan analisis ternyata timbulnya masalah tersebut dikarenakan kondisi Bumdes yang sama sekali tidak ada papan informasi-informasi mengenai penawaran jasa Bumdes Binangun Mekar Asri sehingga kemungkinan besar membuat masyarakat sekitar merasa ragu berkunjung ke bumdes dikarenakan ketidakjelasan informasi jasa yang ditawarkan oleh bumdes tersebut.

Adanya pemberian solusi dari tim KKN IT 004 UMY berupa ide kreatif branding Bumdes Binangun Mekar Asri guna membentuk citra bumdes di masyarakat setempat. Adapun kegiatan branding bumdes yang dilakukan oleh tim KKN IT 004 UMY yaitu seperti melakukan pembuatan poster informasi tahapan kegiatan simpan pinjam, poster informasi kegiatan penyewaan barang yang mana isi dari poster tersebut menjelaskan tentang apa saja yang harus dipersiapkan oleh nasabah ketika ingin melakukan simpan pinjam maupun sewa barang di Bumdes Binangun Mekar Asri. Kemudian dari tim KKN IT 004 UMY juga membuatkan poster edukasi mengenai pencegahan Covid-19.

Disamping pembuatan poster, tim KKN IT 004 UMY juga melakukan pembuatan banner baru dan mengganti posisi pemsangan banner di Bumdes Binangun Mekar Asri. Hal tersebut bertujuan untuk lebih memperkenalkan Bumdes Binangun Mekar Asri kepada masyarakat. Sebelumnya banner lama yang ada di Bumdes Binagun Mekar Asri tidak terlihat karena posisinya yang kurang terlihat oleh masyarakat. Kemudian ide branding lainnya yaitu membuatkan media sosial berupa akun instagram Bumdes Binangun Mekar Asri sebagai tujuan dalam mempromosikan Bumdes melalui dunia maya dengan jangkauan yang lebih luas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun