Mohon tunggu...
NING WIDORETNO
NING WIDORETNO Mohon Tunggu... Guru - Guru Fisika SMAN 10 Pandeglang

CGP Angkatan 2- Kab.Pandeglang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Aksi Nyata Modul 3.3. Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

27 Oktober 2021   22:00 Diperbarui: 27 Oktober 2021   22:17 2051
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
IHT pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila/Dokpri


Peristiwa (fact)
:
Latar Belakang
Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar murid secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter. 

Kepala sekolah dan guru dianggap sebagai motor penggerak dalam menumbuhkan kompetensi dan karakter yang dapat dikembangkan. Ekosistem sekolah yang baik bukan untuk menumbuhkan kompetensi, tetapi untuk menumbuhkan kolaborasi. 

Kolaborasi ini dapat menumbuhkan ekosistem sekolah yang sehat dalam hal pengetahuan, inovasi dapat ditumbuhkan bersama. Kolaborasi seluruh elemen warga sekolah sangat diperlukan, mulai dari kepala sekolah, guru, murid, dan orang tua.

Di dalam kelas, pengetahuan harus dipahami tidak lagi hanya pada guru tetapi juga pada semua murid. Di sinilah kolaborasi antara guru dan murid masuk. Kolaborasi juga dapat memperkaya sumber belajar antara guru dan murid.

Pada Kurikulum Sekolah Profil Pelajar Pancasila merupakan karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu pelajar melalui budaya projek sekolah, pembelajaran intrakurikuler, kokulikuler dan ekstrakurikuler. 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran kokulikuler yang dilakukan murid dengan kegiatan berupa pembelajaran berbasis projek yang kontekstual dan interaksi dengan lingkungan sekitar .

Profil Pelajar Pancasila  bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam diri setiap individu pelajar, dan merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Sebagai upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila SMAN 10 Pandeglang melalui kegiatan kokulikuler projek penguatan pelajar Pancasila yang bertema Bangunlah Jiwa Raganya dan sub tema Cegah Perundungan Dunia Maya.


Tahapan Penyusunan Projek
Melaksanakan IHT Pengembangan Projek Penguatan profil pelajar pancasila
           

Penyusunan modul projek/Dokpri
Penyusunan modul projek/Dokpri
Dokpri
Dokpri
                               
Aksi Nyata dan Hasil Aksi Nyata

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang bertema Bangunlah Jiwa Raganya dan sub tema Cegah Perundungan Dunia Maya bertujuan agar murid mampu mengenali dan memahami  perundungan di dunia maya, mampu memiliki empati terhadap perundungan di dunia maya, menemukan contoh perundungan di sekitar mereka, mampu menampilkan pementasan drama tentang perundungan di dunia maya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun